Home » » Paket Wisata Baturaden Pertajam Ekowisata

Paket Wisata Baturaden Pertajam Ekowisata

Aliansi Pelaku Pariwisata Baturaden (Baturaden Tourism Stakeholder Alliance) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menawarkan sejumlah paket wisata yang merupakan kolaborasi antara wisata alam, seni, dan tradisi masyarakat setempat.
"Selama ini kita akui, potensi wisata alam, atraksi budaya dan tradisi penduduknya masih kurang diangkat dalam ranah wisata minat khusus dan ekowisata," kata Koordinator Aliansi Pelaku Pariwisata Baturaden, Deskart Sotyo Djatmiko, di Banyumas, Minggu (14/6).
Menurut dia, pamor wisata Baturaden tidak akan pernah menjawab pola kunjungan wisatawan yang lebih dominan kepada wisata minat khusus dan ekowisata jika hanya tetap mengandalkan panorama alam.
Dengan demikian, kata dia, pamor wisata Baturaden akan dikalahkan daerah lainnya yang telah mampu menangkap peluang pasar. "Untuk itu, kami membentuk aliansi ini sebagai upaya menyatukan visi dan pandangan mengenai pembangunan dan pemasaran wisata Baturaden. Apalagi animo wisatawan yang datang ke Baturaden banyak yang berorientasi kepada wisata minat khusus dan ekowisata," katanya.
Ia mengatakan, aliansi tersebut terdiri para stakeholder pariwisata di Baturaden, yakni Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul (BBPTU), Baturraden Adventure Forest (BAF), UPT Lokawisata Baturraden, PT Perhutani Alam Wisata (Palawi), Pengelola Kampoeng Boedaja Poetjungan Ketenger, dan Paguyuban Masyarakat Pariwisata Baturraden (PMPB).
Menurut dia, aliansi telah menghasilkan sejumlah paket wisata yang mengkolaborasikan antara wisata alam, seni, serta tradisi masyarakat setempat.
Salah satu paket yang ditawarkan, kata dia, berupa kegiatan wisata selama tiga hari-dua malam dengan menginap satu malam di hotel dan satu malam di rumah penduduk desa.
Paket tersebut diawali dengan "tracking" padang rumput di BBPTU dengan menikmati susu segar dan makanan tradisional produksi masyarakat setempat yang dilanjutkan kegiatan bersepeda air di Lowakisata Baturraden.
Usai kegiatan di Lokawisata Baturaden, wisatawan diajak menuju BAF untuk mengikuti kegiatan petualangan sambil menikmati keindahan Gunung Slamet. Di tempat ini disediakan permainan riverboard, tracking hutan, serta flying fox.
Malam harinya, wisatawan disuguhi dengan kesenian tradisional berupa Lengger Banyumasan atau musik kenthongan di Desa Wisata Ketenger. Keesokan harinya wisatawan diajak menikmati keindahan alam dan budaya pedesaan serta sejumlah curug/air terjun, PLTA Ketenger peninggalan penjajahan Belanda, dan persawahan di Grumbul Pucungan, Desa Ketenger.
Wisatawan juga akan menikmati fasilitas pijat belerang di Pancuran Pitu (Pancuran Tujuh) dan menerima cendera mata untuk setiap orang. "Apabila dalam keadaan hujan akan diberikan bonus paket wisata hujan hujanan," ujar Deskart.
Menurut dia, paket wisata tersebut rencananya akan dijual dengan harga paket ekonomi Rp600 ribu per orang dan VIP Rp1 juta per orang. Jumlah peserta dalam setiap paketnya minimal 10 orang dan untuk pemesanan dapat menghubungi Aliansi Pelaku Pariwisata Baturaden di nomor 08156975763 (Deskart Sotyo Djatmiko) dan 08179412079 (Tekad Santosa).
KORAN PAK OLES/EDISI 177/15-30 JUNI 2009
Thanks for reading Paket Wisata Baturaden Pertajam Ekowisata

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar