Home » » Mendongeng Tumbuhkan Gagasan Anak

Mendongeng Tumbuhkan Gagasan Anak

Mendongeng adalah cara paling efektif untuk menanamkan gagasan atau pemikiran, juga nilai moral, budi pekerti serta konsep sebab akibat terutama pada anak. "Pilihannya pada anak-anak karena memang lebih mudah memahami aturan yang kompleks melalui dongeng sederhana daripada membawa begitu banyak larangan dan aturan," kata Editor Penerbit Erlangga Dani Widyoputranto pada acara Grand Final lomba Duta Read a Story, di Jakarta, pekan lalu.
Menurut Dani, bercerita atau membacakan buku cerita untuk anak memiliki banyak manfaat, selain meningkatkan kemampuan konseptual, mendengar, berbahasa, berkomunikasi verbal dan memecahkan masalah. Aktivitas ini juga mampu meningkatkan daya imajinasi dan kreativitas, pengetahuan serta kecerdasan emosial anak, kata Dani Widyoputranto.
Secara psikologis, papar Dani, rutinitas mendongeng ini juga memperat hubungan emosional antara para orang tua dan anak-anak. Namun saat ini mayoritas anak Indonesia belum dibesarkan dengan suasana yang kondusif untuk mendongeng. Demikian pula kesadaran orang tua akan pentingnya membacakan cerita masih sangat minim.
Melalui program Read a Story ini, Penerbit Erlangga yang telah berpengalaman di dunia pendidikan, mengajak semua elemen masyarakat untuk mengembalikan budaya membacakan cerita sebagai landasan pendidikan dini bagi anak-anak.
Sementara Ketua Sanggar Kukuruyuk Denpasar Drs I Made Taro berharap mendongeng di kalangan anak-anak mampu menanamkan dan menumbuhkan kesadaran akan arti penting terhadap konservasi alam.
Sedikitnya ada 225 judul lagu anak-anak, 120 buah di antaranya dongeng yang menceritakan sifat-sifat baik dan buruk aneka jenis binatang dan tumbuh-tumbuhan, kata I Made Taro.
Selain lagu dan dongeng masih ada sekitar 200 permainan anak-anak. Jika semua itu diajarkan kepada anak-anak sejak dini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran mereka untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kesinambungan aneka jenis binatang.
Dongeng maupun permainan itu sebenarnya sangat diminati oleh anak-anak, sekaligus bermanfaat untuk mendekatkan anak-anak dengan kehidupan flora dan fauna di sekitarnya.
Selain itu akan menjadi cikal bakal dalam mengajak dan mengarahkan generasi mendatang dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kehidupan aneka jenis satwa, ujar Made Taro. (Ant)
KORAN PAK OLES/EDISI 177/15-30 JUNI 2009
Thanks for reading Mendongeng Tumbuhkan Gagasan Anak

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar