Home » » Mahasiswa Asing Tertarik Berbahasa Indonesia

Mahasiswa Asing Tertarik Berbahasa Indonesia

Minat mahasiswa asing belajar Bahasa Indonesia dari waktu ke waktu terus meningkat, terlihat dari bertambahnya universitas luar negeri yang menjalin kerjasama dengan universitas di Indonesia.
Informasi dihimpun Antara, di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, jumlah mahasiswa asing dari berbagai universitas luar negeri terus bertambah, seperti dari Korea, Cina, dan sejumlah negara di Asia Tenggara.
Zhang Yi-jing, salah seorang mahasiswa asing program beasiswa dari Shanghai International Studies University (SISU), Cina mengaku masih banyak rekan di negaranya yang berminat belajar di Indonesia.
SISU Cina menawarkan dua program beasiswa belajar di Indonesia, yaitu Short Course Program berupa pendidikan selama satu semester dan Regular Course Program selama dua semester, kata mahasiswa asal Cina yang menyatakan juga berminat belajar Bahasa Sunda.
Ketertarikan Yi-jing pada bahasa Indonesia cukup besar. Sulitnya menemukan buku berbahasa Indonesia di negara asalnya, membuat ia semakin bersemangat mempelajari bahasa tersebut. "Saya kesulitan mendapatkan buku berbahasa Indonesia atau kamus Bahasa Indonesia di Cina. Bahan tentang Bahasa Indonesia hanya bisa diperoleh dari internet, jadi saya akan membeli banyak buku di sini," katanya seraya menambahkan berencana akan menyelesaikan skripsinya di Indonesia.
Para mahasiswa asal Korea yang sedang berkuliah di Unpad Bandung, seperti Kim Sun Yeo, Choi Seung-Hee dan Jo Na Yunmengaku banyak mendapatkan kesan suka dan duka, seperti mendapat teman-teman baru di Indonesia.
Diakuinya masyarakat Korea, seperti juga negara Asia lain termasuk Jepang yang memiliki perekonomian maju cenderung memiliki budaya yang lebih bebas.
Sementara masyarakat Indonesia, khususnya di Bandung masih cenderung lebih agamis. Kesan lain yang didapat, yaitu kota Bandung memiliki udara yang sejuk dengan tipikal masyarakat baik dan ramah dan alasan ini juga yang membuat mereka ingin tinggal lebih lama, bahkan ingin bekerja di Kota Bunga.
Mahasiswa asing terbanyak yang berkuliah di Unpad, yaitu dari Malaysia yang merupakan utusan dari berbagai universitas di negeri jiran itu.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Mahasiswa Asing Tertarik Berbahasa Indonesia

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar