Home » » Melihat Kebesaran Sultan

Melihat Kebesaran Sultan

Keraton Kesepuhan Cirebon
Kunjungan wisatawan ke Keraton Kesepuhan Cirebon, Jawa Barat terus meningkat dari tahun ke tahun dan khusus tahun 2008 tercatat lebih 3000 orang.
Menurut Udin, pemandau Keraton Kesepuhan peninggalan Syarif Hidayatullah atau dikenal dengan Sunan Gunung Jati itu, ada ribuan wisatawan yang datang baik dari dari nusantara maupun wisatawan luar negeri.
Peninggalan sejarah tersebut hingga kini bisa disaksikan antara lain dua museum menyimpan barang-barang kuna seperti kendaraan (kereta kencana), alat-alat perang seperti tombak, pedang dan keris baju besi, panah dan senampan buatan Mesir, kata Udin pemandu wisata di Keraton Cirebon.
Para pengunjung ke Keraton tersebut pada umumnya ingin menyaksikan kebesaran kesultanan melalui peninggalan.
Bahkan pengujung bisa menyaksikan gedung utama Keraton di mana Sultan menerima tamu-tamu penting. Gedung utama tersebut masih digunakan hingga kini oleh keturunan Kesultanan.
Keraton yang merupakan kebanggaan masyakat Cirebon tersebut masih menyimpan barang-barang yang ratusan tahun silam dan bangunan-bangunan yang bahannya terdiri dari batu bata dan kayu.
Kayu tiang bangunan terdiri dari teras kayu laban yang konon lebih beras dari jati dan biasa digunakan sebagai bantalan rel kereta api. "Kayu tersebut kini tampaknya sudah langka" katanya.
Di samping itu, rangkaian kegiatan keraton yang dahulu dilakukan, kini masih sering diadakan, seperti mauludan.
Wisatawan sangat mudah untuk menjangkau kraton yang terletak tidak jauh dari Pelabuhan Cirebon, baik menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.
Selain pemandu wisatawan yang senantiasa siap mengantar dan menjelaskan setiap sudut bangunan dan segala isinya, juga tersedia tiga buah buku hanya dengan Rp25 ribu rupiah pengunjung akan paham mengenai seluk beluk kesultanan tersebut.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Melihat Kebesaran Sultan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar