Home » » Wisata Geothermal

Wisata Geothermal

PT Indonesia Power akan mengembangkan wisata geothermal di sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) yang dikelolanya. "Tahap awal wisata geothermal dikembangkan di PLTP Kamojang, yang tingkat kunjungannya sangat potensial. Kita akan kembangkan di tempat lainnya," kata Direktur Utama PT Indonesia Power, Tony Agus Mulyantono.
Menurut Tony, kawasan geothermal memiliki potensi air panas yang bisa menjadi andalan untuk dikembangkan sebagai obyek wisata untuk umum.
Wisata Geothermal selain untuk memperkenalkan PLTP dan seluk-beluk pembangkit tenaga panas bumi, juga terdapat keunikan-keunikan dari kawasan PLTP Geothermal.
Ia mencontohkan, di Kamojang terdapat Kawah Kareta yang terus mengeluarkan asap. Kawah itu sudah menjadi kawasan wisata sejak zaman Belanda.
"Konon kawah itu mengandung belerang dan sejenis obat yang bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Air panas di kawasan itu banyak dimanfaatkan oleh warga hingga saat ini," katanya.
Selain PLTP Kamojang, ada beberapa PLTP lainnya yang dapat menjadi obyek wisata seperti PLTP Darajat Garut, PLTP Gunung Salak, Wayang Windu serta yang lainnya.
Selain itu, beberapa PLTP lainnya yang akan dibuka, seperti di Gunung Tampomas, Tangkuban Parahu dan Gunung Halimun. Potensi air panas di kawasan itu juga cukup besar untuk dikembangkan menjadi obyek wisata. "Jabar memiliki potensi geothermal yang cukup besar," kata Tony.
Pengembangan wisata geothermal itu juga diharapkan mampu mendorong perekonomian warga sekitarnya, baik yang terlibat secara langsung maupun yang tidak langsung.
PT Indonesia Power juga, tambahnya, akan terus mengoptimalkan program Corporation Social Responsibility (CSR) sebagai tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Wisata Geothermal

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar