Home » » Pesona Alam Pegunungan Purworejo

Pesona Alam Pegunungan Purworejo

Beraneka ragam objek wisata (OW) alam, khususnya alam pegunungan di Kabupaten Purworejo pada musim hujan saat ini secara umum masih aman dikunjungi wisatawan.
Khusus untuk OW alam Curug Muncar dan Goa Sepalawan pada musim hujan saat ini masih aman dari bencana alam tanah longsor, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir untuk mengunjungi OW tersebut, kata Dra. Dwi Astuti, seorang pemerhati pariwisata di Purworejo.
Ketika dihubungi Antara dari Semarang, ia menambahkan, walaupun aman dari longsor, namun wisatawan diingatkan untuk berhati-hati terhadap bentuk bencana lainnya, seperti angin ribut dan guyuran hujan deras disertai petir.
OW alam di Purworejo menurut dia, tidak kalah menariknya dengan OW alam lainnya yang ada berbagai wilayah di kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.
Bahkan pada musim libur panjang sekolah atau libur Lebaran berbagai OW alam yang ada di daerah ini selalu dikunjungi oleh ribuan wisatawan domestik, khususnya pelajar SD, SMP dan SMA dari berbagai kota di Jawa.
OW alam itu di antaranya Pantai Jatimalang di Kabupaten Purworejo, Jateng yang memiliki keindahan alam sangat eksotis.
Pantai ini memang sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan karena memiliki perpaduan keindahan alam pantai dengan asrinya alam pegunungan di sekitarnya, sehingga menjadikan objek wisata pantai ini sebagai andalan objek wisata bagi Kabupaten Purworejo.
Ribuan wisatawan yang diperkirakan mengunjungi objek wisata yang berada di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo ini seperti dari Solo, Cilacap, Semarang, Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. "Apalagi jalan menuju lokasi objek wisata ini cukup baik dan lebar serta beraspal sehingga memudahkan wisatawan menuju lokasi ini untuk bersantai sambil menikmati indah, elok dan asrinya pemandangan alam pantai dan pegunungan di lokasi tersebut," katanya.
Mengenai lokasi objek wisata ini sekitar 18 km selatan kota Purworejo dengan luas areal sekitar 200 hektare.
Di sekitar pinggiran pantai ini telah dibangun gazebo oleh Pemkab Purworejo untuk tempat beristirahat para wisatawan yang mengjungi lokasi ini.
Selain pemandangan alam pantainya indah, katanya, di objek wisata ini juga terdapat tambak udang galah dan Sungai Lereng yang bisa dimanfaatkan untuk berperahu lokal wisatawan.
Selain Pantai Jatimalang, objek wisata andalan Kabupaten Purworejo adalah Curug Muncar sekitar 45 km barat laut pusat kota Purworejo dan Goa Seplawan di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing.
Curug Muncar atau air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 900 m. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata ini harus sehat benar, sebab, jalan menuju ke lokasi tersebut menanjak cukup tinggi, katanya.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Pesona Alam Pegunungan Purworejo

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar