Home » » Candi Prambanan Kian Menarik

Candi Prambanan Kian Menarik

Objek wisata (OW) Candi Prambanan yang mengalami kerusakan cukup parah pascagempa tektonik pada bulan Mei 2006, ternyata makin menarik wisatawan untuk mengunjunginya.
Wisatawan justru tertarik untuk melihat sejauh mana kerusakan itu terjadi dan tindak lanjut pembenahan perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah, kata Yusri petugas dari Dinas Purbakala Jateng ketika dihubungi Antara.
Ia menambahkan, kerusakan cukup parah pada OW Candi Prambanan yang terletak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah akibat gempa tektonik yang melanda daerah ini pada bulan Mei 2006 sampai saat ini terus diperbaiki oleh Dinas Purbakala Jateng.
Dibutuhkan waktu cukup lama, ketelitian dan kehati-hatian untuk melakukan perbaikan kembali candi yang mengalami kerusakan akibat gempa itu, termasuk yang paling parah adalah bagian tubuh dan bawah Candi Brahma yang rusak akibat gempa bumi tersebut.
Selain membutuhkan waktu cukup lama, perbaikan candi ini juga membutuhkan dana yang besar, ketelitian dan kehati-hatian serta kecermatan yang tinggi.
Bangunan Candi Brahma terletak di kompleks Candi Sewu Prambanan yang berada di wilayah Klaten Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman, D.I.Yogyakarta.
Berdasarkan catatan yang ada, candi tempat pemujaan bagi umat Hindu ini dibangun pada hari Kamis Wage tanggal 11, bulan Margasirsa tahun Saka 778 atau tepatnya 11 November 856 Masehi.
Candi ini terdiri dari sebuah candi induk yang diapit oleh Candi Perwara yang berjumlah 240 buah dan Candi Apit sebanyak delapan buah.
Karena candi itu berjumlah cukup banyak, maka disebut pula sebagai candi Sewu (seribu).
Melihat keunikan candi ini, maka tidak mengherankan pada musim libur panjang Lebaran 2008, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan mencapai puluhan ribu orang.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Candi Prambanan Kian Menarik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar