Home » » Cakupan Imunisasi Di Situbondo Rendah

Cakupan Imunisasi Di Situbondo Rendah

Cakupan imunisasi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, selama tahun 2008 dinilai masih rendah atau di bawah standar. Tim Evaluasi Imunisasi Kabupaten Situbondo dalam siaran pers menyebut, ada empat kecamatan yang cakupan imunisasinya di bawah 80% yakni Jatibanteng, Banyuputih, Jangkar, dan Bungatan. Selain tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah terhadap imunisasi, juga rendahnya keseriusan petugas yang rendah.
Kurang memenuhi target dalam pencapaian imunisasi selama satu tahun itu karena faktor kurang optimalnya tenaga imunisasi di lapangan. Padahal Kabupaten Situbondo mendapat suntikan dana dari lembaga internasional.
Ketua Pengurus Cabang Muslimat NU, Mas’udah menilai kondisi itu tantangan bagi pemerintah daerah ke depan karena tahun ini pihak asing sudah tidak lagi mendanai kegiatan imunisasi di Indonesia. Karena itu pemerintah daerah Situbondo seharusnya memberikan alokasi anggaran.
Selain PC Muslimat NU, beberapa elemen masyarakat yang menjadi tim evaluasi imunisasi di Situbondo adalah Pimpinan Cabang Aisyiah, Ikatan Dokter Anak Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, DPRD, PKK, Kwarcab Pramuka, Bhayangkari dan perhimpunan istri TNI. Kasubbid Pemberantasan Penyakit Khusus Dinkes Situbondo, dr Mohammad Muchdar mengakui, rendahnya cakupan imunisasi di empat kecamatan karena masyarakat enggan untuk imunisasi dan orang tua berasumsi, imunisasi badan anak jadi panas.
Meski begitu, Muhammad mengatakan secara keseluruhan cakupan imunisasi di Situbondo sudah memenuhi target. Dari 90 persen Situbondo sudah mencapai 91,3%. Cakupan ini bila dibandingkan dengan kabupaten lain di Jawa Timur, Situbondo menduduki posisi ketiga dari bawah.
Kepala Puskesmas Jangkar, dr Hernah juga membenarkan, cakupan imunisasi di Kecamatan Jangkar masih di bawah target karena masyarakat tidak memahami pentingnya imunisasi, di samping faktor tenaga atau kader posyandu yang kurang maksimal.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Cakupan Imunisasi Di Situbondo Rendah

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar