Home » » Wartawan Prakarsai Blogger Ke Pelajar

Wartawan Prakarsai Blogger Ke Pelajar

Sekitar 20 wartawan yang tergabung dalam komunitas blogger Pulau Bintan prakarsai web log atau blog kepada pelajar SMA Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri. "Ini pertama kali terjadi di Kota Tanjungpinang," kata Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan saat membuka acara Blogger Goes To School medio Januari lalu.
Suryatati berharap pelajar memanfaatkan ilmu pengetahuan yang disalurkan wartawan kepada mereka. Pelajar dapat mengembangkan blogger sebagai kebutuhan sehari-hari untuk menambah ilmu pengetahuan. Pelajar dapat mengembangkan bakat, bertukar pikiran, mencari ilmu pengetahuan baru melalui blogger. "Ini peluang yang harus dipelajari, karena itu pelajar harus mengikutinya," ujar Suryatati.
Blogger hanya satu dari ratusan fasilitas yang disediakan melalui jaringan internet. Jutaan ilmu pengetahuan dapat diakses melalui fasilitas internet. Dunia maya sudah berkembang luas. Karena itu pelajar harus mengikutinya, jangan disia-siakan. Dalam acara itu Walikota juga meluncurkan logo dan menyematkan pin komunitas blogger Pulau Bintan kepada pelajar.
Ketua Panitia Blogger Goes To School, Kurnia Syaifullah Pasaribu mengatakan, komunitas blogger Pulau Bintan memiliki blog yang didapat diakses melalui bintancommunity.blogspot.com. "Kami akan mengembangkan blogger hingga kepada mahasiswa di Kota Tanjungpinang," ujarnya.
Para pelajar diberi pengetahuan tentang sejarah, manfaat dan cara mengakses blog pribadi. "Ini sangat menarik. Bisa menulis cerpen dan catatan harian," kata Desi, salah seorang pelajar SMA di Tanjungpinang.
Blog merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan sering dimuat dalam urutan terbalik, --isi terbaru dahulu baru diikuti isi sebelumnya.
Media blog pertama kali dipopulerkan blogger.com yang dimiliki PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi google.com pada akhir tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog. Jenis blogger berupa politik, pribadi, syair, bertopik, kesehatan, sastra, perjalanan, hukum, penelitihan, media, agama, kebersamaan, pendidikan, petunjuk, bisnis dan pengganggu.
"Panitia pelaksana sosialisasi blog kepada pelajar memiliki blogger pribadi. Isi blog mereka beranekaragam, mulai dari berita terbaru, fotografi, cerita pendek, hasil penelitian dan pengalaman-pengalaman pribadi yang dituangkan dalam bentuk tulisan," kata Syaifullah.
Pelajar juga dapat membentuk komunitas blogger. Komunitas blogger terbentuk berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.
Syaifullah mengatakan, blog juga dapat dimanfaatkan untuk kampanye politik, program media dan perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sebagian lain oleh beberapa penulis. Banyak weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjung seperti komentar atas isi tulisan yang dipublikasikan.
Situs web yang saling berkaitan berkat weblog atau secara total merupakan kumpulan weblog yang sering disebut blogosphere. Bila sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka itu sering disebut blogstorm atau badai blog.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Wartawan Prakarsai Blogger Ke Pelajar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar