Home » » Mahasiswa Berjiwa Wiraswastawan

Mahasiswa Berjiwa Wiraswastawan

Berstatus mahasiswa tidak berarti harus selalu berkutat dengan dunia kampus, sebab, peluang menjadi seorang wiraswastawan terbuka lebar bagi mahasiswa.
Adit, mahasiswa Semester VI Bahasa Inggris Universitas Diponegoro Semarang, kepada Antara mengatakan, dengan bekerja sambilan, seorang mahasiswa bisa lebih mengembangkan bakat bisnisnya.
Dia mengatakan dirinya saat ini tengah berusaha mengembangkan kemampuan di bidang bisnis dengan bekerja sambilan menjadi staff marketing sebuah distro dilingkungan kampus. "Dengan belajar bekerja seperti yang saya lakukan sekarang banyak manfaat yang bisa saya ambil. Selain menambah uang saku sehingga tidak terlalu bergantung pada orang tua, bekerja seperti ini juga sebagai investasi pribadi saya di masa yang akan datang," katanya.
Ia mengatakan, tidak perlu merasa malu karena hasil kerja itu kembali pada dirinya sendiri. Dirinya justru merasa bangga karena sudah bisa menghasilkan uang dengan jerih payahnya sendiri. "Sebenarnya setiap mahasiswa berpeluang untuk bisa menjadi wiraswastawan atau bekerja sambil kuliah, hanya saja jarang yang mau," katanya.
Berbeda dengan Adit, Bimbo, mahasiswa Fakultas Ekonomi Undip yang mempunyai distro dan factory outlet di dekat kampus membuka usahanya karena dukungan dana dari orangtua.
Dia menjelaskan, bisnis ini tidak hanya mengandalkan dana dari orangtua saja tetapi juga membutuhkan kemampuan dalam berwiraswasta, "Orangtua saya hanya memberikan modal awal, selebihnya saya yang menjalankan sekaligus bertanggung jawab pada distro itu," katanya.
Bahkan menurutnya bisnis seperti itu tidak hanya menguntungkan diri sendiri akan tetapi juga bisa membuka lapangan kerja untuk orang lain. "Sekarang saya merasa diri saya lebih berkembang dari sebelumnya, saya tidak tergantung lagi pada orang tua, bahkan saya sudah bisa menggaji orang lain yang bekerja di distro saya," katanya.
Menurut dia lingkungan sekitar kampus yang ramai sebenarnya memberikan banyak peluang bagi mahasiswa untuk berwiraswasta. Kejelian untuk melihat peluang harus dimiliki oleh mahasiswa sebelum memutuskan mulai berbisnis. "Bekerja sambilan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk berinteraksi langsung dengan lingkungan, terlebih lagi saya bisa angsung mempraktekan ilmu ekonomi yang saya dapatkan di bangku kuliah pada saat bekerja," katanya.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Mahasiswa Berjiwa Wiraswastawan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar