Home » » Konsumsi Tempe Cegah Obesitas

Konsumsi Tempe Cegah Obesitas

boakeKonsumsi tempe dapat memberikan manfaat klinis dalam upaya pencegahan atau memperlambat timbulnya penyulit atau faktor-faktor risiko pada orang yang mengidap obesitas. "Pemberian porsi tempe kedelai hingga 200 gram per hari yang terbagi dalam dua atau tiga kali hidangan, dapat menyumbang lebih dari 30 gram protein kedelai per hari. Dengan asumsi dapat memenuhi kecukupan isoflavon antara 1.01 - 0,04 mg hingga 2,01 - 0,03 mg per kg berat badan," kata ahli gizi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Harun Alrasyid Damanik.
Tempe yang dibuat dari kacang kedelai sebagai makanan sehat bergizi di Indonesia telah lama dimanfaatkan sebagai pengganti atau penambah super protein hewani atau nabati dalam pola makanan sehari-hari setelah dimasak.
Dari beberapa studi juga diketahui bahwa tempe juga bermanfaat sebagai sumber makanan rendah indeks glikemik, rendah lemak jenuh, bebas kolesterol, mudah dicerna, sumber utama mineral,efek antibiotik dan stimulasi pertumbuhan, dan bebas toksin kimia.
Menurut Prof. Harun Alrasyid Damanik, pada dasarnya obesitas menggambarkan ketidakseimbangan antara asupan dan penggunaan energi dalam tubuh dalam jangka waktu lama yang disebabkan oleh berbagai faktor.
Keberadaan obesitas di tengah-tengah masyarakat, dewasa ini tidak lagi dapat dianggap sebagai salah satu masalah kesehatan belaka, mengingat kondisi ini telah digolongkan pada diagnosa suatu penyakit. Bahkan WHO juga telah menyatakan bahwa obesitas merupakan suatu penyakit kronis.
Beberapa fakta yang mendukung diantaranya adalah hasil survey kesehatan rumah tangga (SKRT) tahun 2001 di Indonesia yang memperlihatkan munculnya gangguan kesehatan dalam kelompok usia 35-65 tahun berdasarkan kadar kolesterol-total >200 mg persen.
Disertai kecenderungan kenaikan prevalansi obesitas pada wanita sejalan dengan pertambahan usia (mencapai 41 persen hingga 50 persen pada usia diatas 55 tahun),lebih tinggi dari pada pria. "Data ini memperlihatkan kenaikan prevelansi obesitas yang cukup tajam di Indonesia dibanding hasil riset sebelumnya yang juga dilaksanakan oleh Depkes RI, dimana ditemukan kelebihan berat badan (overweight) 17,5 persen dan obesitas 4,7 persen dengan presentase wanita tetap lebih besar daripada pria pada kedua kelompok jenis kelamin tersebut," katanya dikutip Antara.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Konsumsi Tempe Cegah Obesitas

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar