Home » » Makanan Jamur Patut Diwaspadai

Makanan Jamur Patut Diwaspadai

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi meminta warga waspada terhadap makanan jamur, mengingat banyaknya kasus keracunan yang terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sepanjang tahun 2009. ‘’Kami akan mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan kepada masyarakat mengenai makanan, terutama soal jamur,’’ kata Koordinator Survaillance, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukabumi, Suhendar, Kamis (12/2).
Jumlah kasus keracunan makanan di Kabupaten Sukabumi sepanjang tahun 2009 ini sebanyak empat kasus. Kebanyakan kasus keracunan disebabkan warga memakan jamur yang mengandung racun, pasalnya sebagian warga belum mengetahui bahwa makanan yang dimakan mengadung zat berbahaya bagi kesehatan. Surat edaran itu berisi himbauan kepada masyarakat untuk tidak memakan jamur disertai penjelasan ciri-cirinya.
Empat kasus keracunan itu terjadi di Desa Lembur Sawah, Kecamatan Cicantayan, Sukabumi dengan enam orang korban yakni Fitriana (12), Adif (11), Agis (4), Iyah (40), Ma`arif (42) dan Mak Elom (85). Keracunan jamur juga terjadi di Desa Bojong Kembar, Cikembar, Sukabumi, Kamis (5/2) lalu dengan korban Aji (6), Zulkifli (18) dan Ny Farida (20).
Keracunan jamur juga menimpa enam warga kecamatan Purabaya. Serta kasus terakhir menimpa sebelas warga Kampung Lemah Duhur RT 05 RW 03 Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi setelah memakan kue bolu yang dibeli di warung. Ke-11 warga itu sebagian masih dirawat di Puskesmas Kabandungan yaitu Habibah (12), Kamal (17), Asep (7), Eha (39) dan Diah (20). Enam warga lain sudah diizinkan pulang adalah Asih (40), Khodijah (13), Rahman (1,5), Ojak (21), Hendar (2,2), dan Asyifa (4 bulan).
Petugas PPNS Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sukabumi, Iwan W menegaskan, pihaknya siap sweeping dan menyita kue bolu yang dijual para pedagang. Kue bolu menjadi penyebab 11 warga Kampung Lemah Duhur Desa Cianaga, Kabandungan mengalami keracunan.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Makanan Jamur Patut Diwaspadai

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar