Home » » Ciptakan Banyak Pengusaha

Ciptakan Banyak Pengusaha

Guna menyerap tenaga kerja diperlukan banyak penciptaan pengusaha karena kalau sorang pengusaha menyerap 1000 tenaga kerja, maka bila diciptakan 6000 pengusaha saja akan menyerap 60 juta tenaga kerja, kata seorang usahawan nasional. "Kalau saja rotan harus dijual dalam bentuk barang jadi, tentu akan banyak pengusaha diciptakan," kata Ir. Sunoto pengusaha rotan pada bedah buku "Selamatkan Indonesia," karangan Mohammad Amien Rais di Cirebon.
Sunoto yang bertindak sebagai panelis dalam bedah buku tersebut, menjawab seorang peserta antara lain, mengatakan akibat rotan boleh dijual setengah jadi, maka pengusaha rotan di Cirebon banyak gulung tikar dan sekarang tinggal hanya 33 persen yang bertahan. "Padahal sekitar 90 persen rotan adalah milik Indonesia," katanya.
Ia mencontohkan, di Cina kerajinan funitur bisa menyerap sekitar 50 juta tenaga kerja, itu artinya sekitar 200 juta jiwa hidup dari sektor tersebut. Karena itu, sektor-sektor yang seharusnya menyerap tenaga kerja tersebut harus dilindungi, katanya.
Ditambahkannya, seorang temannya pengusaha ruetseliting mampu menyerap 1500 tenaga keja, belum lagi sektor papan dan pangan.
Sektor papan tercatat sekitar 140 item yang membutuhkan pabrik yang berarti akan lebih banyak menyerap tenaga kerja. Di bagian lain, ia mengatakan orang hendaknya cepat berubah pikiran tentang bencana seperti Lapindo menjadi berkah Lapindo. "Kalau kita berpikir bagaimana Lapindo dijadikan duit bukan hanya bencana, maka lumpur Lapindo tersebut bisa untuk membangun sekitar 50 ribu unit rumah. Manakala lumpur tersebut dijadikan batako," katanya.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Ciptakan Banyak Pengusaha

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar