Home » » Kesuksesan Wiraswasta Berkat Networking

Kesuksesan Wiraswasta Berkat Networking

Kunci sukses seorang wiraswasta sebanyak 85 persen dipengaruhi oleh networking dan juga kepercayaan orang lain untuk berbisnis dan membangun usaha. Modal berupa finansial atau uang itu tidak terlalu bisa bertahan lama. “Yang paling dominan itu adalah kepercayaan orang lain dan jaminan," kata Direktur Utama BNI, Gatot Mudiantoro Suwondo.
Menurut Gatot M Suwondo, secara umum kesuksesan seorang wiraswasta itu ditentukan oleh hubungannya dengan orang lain dan bagaimana kepercayaan seseorang untuk membangun usaha bisnis dengannya.
Jaringan tersebut bisa diperoleh dengan banyak berteman dan mengenal siapa saja, jadi penting dalam hal ini seorang wiraswasta harus supel dalam bergaul.
Gatot yang mendapat gelar sarjana akuntansi di Universitas Mindanao State University, Marawi City, Filipina ini ini mengatakan, hal lain yang mempengaruhi kesuksesan wiraswasta itu yakni pendidikan dan berdoa. "Pendidikan itu penting, namun tidak terlalu berpengaruh karena kita lihat juga banyak pengusaha sukses dan berhasil tetapi tidak mempunyai tingkat pendidikan yang tinggi, seperti tamat perguruan tinggi," katanya.
Dia mengatakan, banyak pengusaha sukses yang tidak punya pendidikan tinggi, tetapi mereka bisa sukses dengan bekerja lebih keras dua atau tiga kali dibanding orang yang punya pendidikan.
Terkait pentingnya pendidikan tersebut menurut Gatot, berfungsi membentuk pola pikir untuk membangun usaha atau bisnis ke depannya. Selain itu, dia juga mengingatkan dalam membangun usaha seseorang harus percaya diri mengambil suatu resiko dan keputusan guna kemajuan usaha. "Percaya diri itu penting dan jangan mudah terpengaruh omongan orang lain terutama dalam mengambil keputusan," katanya dikutip Antara.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Kesuksesan Wiraswasta Berkat Networking

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar