Home » » Orientasi Pers: Corong Suara Rakyat

Orientasi Pers: Corong Suara Rakyat

Pers dalam gelanggang pergulatan kenegaraan adalah pahlawan rakyat. Meski saat ini lembaga pers telah dikelola dalam manajemen modern sebagai industri yang berorientasi profit. Tugas pers tak pernah berubah sebagai corong membawa suara rakyat bukan suara investor. Mengingat pers banyak didirikan para jutawan ataupun investor yang sekedar mencari posisi sosial tertentu di tengah masyarakat.
Itulah peran humanis pers lintas jaman yang tak pernah tergusur oleh kekuasaan maupun ideologi tertentu. Ketua Komisi I DPR RI, Theo L Sambuaga mengatakan, posisi dan peran pers nasional betul-betul strategis, sehingga amat diharapkan membangun demokrasi yang santun, beradab serta menjadi pers berwajah humanis.
"Dalam kaitan ini, maka rekan-rekan jurnalis di berbagai media (cetak, elektronik maupun `on-line`) seyogianya semakin sensitif dengan tuntutan serta kehendak hati nurani rakyat yang kini semakin mendambakan suasana anti konflik, damai serta sejahtera," ujarnya.
Pemberitaan yang berbasis `civic jurnalism` dan lebih intens memperjuangkan kepentingan rakyat banyak, lanjutnya, merupakan harapan lain seluruh masyarakat Indonesia. "Mungkin kita perlu mengingatkan terus, karenanya relasi positif antar pers dan publik harus terus dibangun. Hindarilah pendiktean atas nama pemilik modal, penguasa atau mereka yang cenderung menjadikan media sebagai sarana pencitraan pribadi, penonjolan keakuan, sementara kepentingan mayoritas yang butuh sentuhan, kurang mendapat prioritas," kata Theo Sambuaga.
Secara terpisah, seorang aktivis Partai Karya Perjuangan (Pakar Pangan), Angelina Singgiling, mengatakan, pers memang perlu lebih banyak memberitakan kebenaran ketimbang kejahatan. "Karena, kebenaran yang tidak terorganisasi apalagi jarang diekspos, akan dapat dikalahkan oleh kejahatan yang terorganisasi dan pinter memanfaatkan media demi pencitraan diri," tegasnya.
Makanya, Angelina Singgiling berharap, media harus menghindar dari berbagai kejahatan yang terorganisasi itu, dengan lebih memberi dirinya sebagai alat perjuangan kebenaran rakyat banyak.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Orientasi Pers: Corong Suara Rakyat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar