Home » » Tumpek Uduh: Cara Orang Bali Hormati Tumbuhan

Tumpek Uduh: Cara Orang Bali Hormati Tumbuhan

Guru besar Univesitas Udayana Prof Dr Ir Dewa Ngurah Suprapta mengingatkan, orang Bali sangat menghargai aneka jenis tumbuh-tumbuhan, karena mampu memberikan manfaat dan kehidupan bagi umat manusia maupun aneka jenis satwa lain. ‘’Begitu hormatnya orang Bali terhadap tumbuh-tumbuhan, setiap hari Tumpek Uduh (Bubuh) yang jatuh 210 hari sekali menggelar kegiatan ritual, yang khusus dipersembahkan bagi tumbuh-tumbuhan,’’ kata Prof Dewa Suprapta yang juga Kepala Laboratorium Biopestisida Fakultas Pertanian Unud di Denpasar.
Ia mengatakan, umat Hindu di Bali pada Tumpek Uduh mempersembahkan rangkaian korban suci (upakara) yang salah satu komponennya adalah bubuh sumsum, --bubur dari tepung ketan yang diberi warna hijau alami dari daun kayu sugih, ditaburi parutan kelapa dan gula merah. ‘’Tumpek Uduh, bukan hari untuk menyembah tumbuh-tumbuhan. Namun untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar melalui tumbuh-tumbuhan umat manusia bisa diberikan kemakmuran dan keselamatan, terhindar dari berbagai bencana,’’ ujar Prof Suprapta.
Ia menambahkan, tumbuh-tumbuhan dengan sistem perakaran yang ada, memegang partikel tanah dan menutupi permukaan tanah, sehingga saat musim hujan permukaan tanah terhindar erosi. ‘’Bisa dibayangkan bagaimana parahnya erosi dan longsor, jika seluruh permukaan tanah tidak ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan. Dalam satu musim hujan saja, bagian tanah atas yang subur akan tergerus oleh aliran air,’’ katanya.
Namun dengan dengan adanya perakaran tumbuhan yang masuk jauh ke dalam tanah, memungkinkan sebagian air di saat musim hujan masuk dan tersimpan di dalam tanah. Air yang tersimpan dalam tanah itu akan dilepaskan secara bertahap di saat musim kemarau, sehingga ketersediaan air berkesinambungan sepanjang tahun.
Keberadaan tumbuh-tumbuhan dalam satu kawasan tertentu sangat membantu mencegah erosi dan banjir pada musim hujan dan mencegah kekeringan di musim kemarau.
Dengan demikian keberadaan tumbuh-tumbuhan di alam, tidak hanya memberi hidup dan manfaat bagi umat manusia, namun juga memberikan kehidupan terhadap berbagai jenis makluk hidup lain. Berbagai jenis burung, serangga, kupu-kupu dan hewan lainnya sangat tergantung pada keberadaan tumbuh-tumbuhan. ‘’Tumbuh-tumbuhan sangat bermakna bagi kehidupan di alam, selain memberikan kehidupan dan manfaat kepada umat manusia, juga kepada berbagai jenis makhluk hidup lainnya di alam ini,’’ tambah Prof Suprapta.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Tumpek Uduh: Cara Orang Bali Hormati Tumbuhan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar