Home » » Beternak Ayam Jadi Bidang Studi Mulok

Beternak Ayam Jadi Bidang Studi Mulok

Beternak ayam menjadi bidang studi muatan lokal (Mulok) di SMP Hidayatul Yaqin, Desa Bajang, Kecamatan Pakong, Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Menurut guru bidang studi keterampilan, Dedy Priyanto, memilih beternak ayam sebagai pelajaran tambahan di sekolah itu, karena sesuai dengan kebutuhan lingkungan. Apalagi lokasinya memang di daerah pedesaan. "Muatan lokal sebagaimana yang ditetapkan Dinas Pendidikan ada dua, yakni bahasa daerah dan keterampilan. Kami pilih keterampilan beternak ayam, karena menurut hemat kami sangat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan warga disini," kata Dedy Priyanto kepada Antara.
Materi pelajaran yang disampaikan, menurut Dedy yang juga dosen di salah satu perguruan tinggi swasta di Pamekasan itu, meliputi teori dan praktik. Seperti pengetahuan tentang teknik pemeriharaan dan mencari peluang pasar. "Praktiknya, nanti kami masih mengupayakan membuatkan kandang tak jauh dari sekolah. Tempat sudah ada, yakni tanah milik yayasan dan sekarang tinggal pembangunan kandangnya," kata Dedy menjelaskan.
Ia yakin dengan adanya kurikulum muatan lokal berupa keterampilan beternak ayak seperti itu, nantinya akan jauh lebih bermanfaat bagi para siswanya dibanding jenis muatan lokal lainnya. "Soalnya kalau keterampilan teknik informasi dan komputer (TIK) sudah ada. Disamping itu kami menginginkan para siswa ini nantinya memiliki tanggungjawab moral mengembangkan perekonomian di desa melalui keterampilan yang mereka miliki sebagai bekal hidup bermasyarakat," katanya.
Hanya saja, kata Dedy, yang menjadi kendala pihak sekolah ialah dana. Saat ini lembaganya masih mencari dukungan dana dari para orang tua siswa dan sumbangan sukarelawan dari para dermawan di Pamekasan.
Mulok keterampilan beternak ayam seperti yang dilakukan SMP swasta di bawah naungan pondok pesantren asuhan K.H. Husni Tamrin ini, merupakan satu-satunya di Pamekasan, bahkan di Madura. "Sepengetahuan kami baru di SMP Hidayatul Yaqin ini. Kalaupun ada di tingkat perguruan tinggi, bukan di sekolah. Kami dinas terkait di lingkungan Pemkab Pamekasan bisa memberikan dukungan dana untuk pengembangan keterampilan peternakan ini," katanya.
Koran Pak Oles/Edisi 169/16-28 Februari 2009
Thanks for reading Beternak Ayam Jadi Bidang Studi Mulok

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar