Home » , » Saatnya Pelajar Pahami Toga

Saatnya Pelajar Pahami Toga

Fungsi dan khasiat tanaman obat keluarga (Toga) sebaiknya diperkenalkan kepada remaja sejak dini. Wakil Gubernur Provinsi Banten HM Masduki, misalnya, meminta kepada pelajar Kabupaten Tangerang untuk mengerti dan mengetahui fungsi Toga sebagai bagian dari hidup sehat.
"Jangan lupa kita ini bangsa Indonesia yang rakyatnya setia mengunakan obat keluarga, maka dari itu siswa harus mencintai dan belajar bagaimana memahami tanaman toga," ungkap Masduki ketika meninjau persiapan SMPN II Balaraja, di Desa Saga, Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang yang akan mengikuti lomba sekolah sehat, Selasa, (9/6).
Masduki mengatakan, calon penerus bangsa tidak harus selalu mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi, siswa harus berpaling kebelakang untuk mempelajari kegunaan tanaman bagi kesehatan. "Tanaman obat harus dikembangkan terutama di sekolah sehat, siswa harus dididik soal kesehatan oleh gurunya bagaimana meramu dan ahli belajar soal Toga," tuturnya.
Sementara kebun percontohan tanaman obat milik Pak Oles di Pulau Roti, Denpasar, menjadi langganan murid TK, pelajar hingga mahasiswa mempelajari secara langsung aneka khasiat Toga. Misalnya, murid SD Tunas Daud Denpasar diajak para gurunya bertamasya ke kebun percontohan tanaman obat dan produksi pupuk Bokashi tersebut.
Di kebun tersebut, mereka belajar tentang ragam tananan obat. Pelajaran yang diberikan pada murid itu berkisar tentang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan materi SDA yang dapat diperbaharui, pengolahan bahan baku menjadi nilai ekonomi dan tumbuhan.
Menurut Ir Kadek Suiartana, Kepala Pemasaran Pupuk Bokashi Kotaku, cara pembuatan Pupuk Bokashi Kotaku juga menyita perhatian anak-anak. Mereka banyak bertanya tentang bahan baku yang digunakan dan manfaat pupuk organik tersebut, ungkap, Kadek Suiartana. (Ant/Nia)
KORAN PAK OLES/EDISI 177/15-30 JUNI 2009
Thanks for reading Saatnya Pelajar Pahami Toga

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar