Home » » "Home Schooling" Buat Anak Senang Belajar

"Home Schooling" Buat Anak Senang Belajar

Sekolah di rumah (home schooling) menjadikan anak lebih senang belajar, mengingat pola belajar dilakukan dengan pendekatan dan kasih sayang dari keluarga.
"Bahkan, proses penyerapan ilmu dengan sekolah di rumah juga lebih baik, mengingat dalam suasana lebih menyenangkan dan dapat dilakukan sambil bermain," kata salah satu pembicara pada seminar "Home Schooling", Seto Mulyadi (Kak Seto) di salah satu hotel berbintang di Semarang, Rabu pekan lalu.
Sekolah di rumah, kata Kak Seto, merupakan konsep pendidikan yang dilandasi pemikiran bahwa setiap anak mempunyai bakat berbeda dan unik. "Hasilnya, anak akan lebih kreatif dan mempunyai kemandirian," ujar Kak Seto yang juga Ketua Komnas Perlindungan Anak.
Terlebih lagi, kata dia, sekolah formal melakukan penyeragaman materi pendidikan, sehingga tidak memberi ruang bebas bagi murid untuk berkembang berdasarkan potensi dan keunikan individu. "Konsep pendidikan sekolah saat ini justru banyak yang mematikan potensi anak, sehingga menimbulkan stres dan fobia sekolah, karena tidak ada pendampingan dalam belajar. Bahkan, anak dipaksa menerima pelajaran yang dibakukan dalam bentuk kurikulum," ujarnya dilansir ANTARA.
Sementara itu, Kresno Mulyadi adik kandung Kak Seto mengatakan, anak di Indonesia banyak yang mendapatkan pengalaman tidak menyenangkan dalam proses pendidikan di sekolah, seperti kasus kekerasan, bentakan, kekerasan dari guru, hingga pemasungan kreativitas anak. "Sungguh kurang beruntung anak-anak kita di sekolah. Padahal tujuan pendidikan untuk membentuk manusia seutuhnya yang mempunyai nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, serta keadilan," katanya mengutip butir-butir Pancasila.
Listya, salah seorang peserta seminar menyatakan setuju dengan pendidikan alternatif di dalam rumah (home schooling). Ibu dua anak itu mengaku, lebih memaksimalkan mendidik kedua anaknya di rumah. "Bahkan, saya pernah membiarkan anak pertama saya, Dika (9) bolos sekolah, karena ingin menyelesaikan bacaannya hingga tuntas," ujarnya.
Meskipun anaknya sering bolos hanya karena ingin belajar di rumah, kata Listya, anaknya justru mampu menguasai sejumlah pelajaran di sekolahnya, bahkan lebih cepat daripada diterangkan gurunya. "Pendidikan sejati itu dari ibu dan keluarga, sehingga mendorong saya mendampingi anak belajar di rumah secara total," tambahnya.
KORAN PAK OLES/EDISI 177/15-30 JUNI 2009
Thanks for reading "Home Schooling" Buat Anak Senang Belajar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar