Home » , » HUT Kota Bogor: Songgolangit Persada Buka Stand

HUT Kota Bogor: Songgolangit Persada Buka Stand

Berlokasi di Kota Mandiri Sentul International Convention Center (SICC) Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Hari Jadi Kota Bogor diadakan. Pameran bertajuk Bogor Tourism Mart and Expo itu banyak menyita perhatian warga sekitar. Pameran yang digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tersebut sengaja digeber di Sentul City sebagai salah satu tempat perumahan yang nyaman dengan suasana alam pegunungan hijau dan bersih. Semua potensi UKM hadir termasuk PT Songgolangit Persada yang memiliki pabrik di kota hujan itu.
Memang salah satu upaya dalam melestarikan lingkungan dan menjaga lingkungan yang bersih dan asri, kota bogor mulai berbenah diri termasuk memangani sambah kota karena masalah sampah kota tidak bisa dianggap enteng. Persoalan sampah yang dihasilkan setiap harinya begitu banyak.
Data dari Dinas Kebersihan Kota Bogor, setiap harinya Kota Bogor menghasilkan sampah terutama dari kebutuhan rumah tangga, hotel, rumah makan, toko, perkantoran , pasar dan lain-lain cukup banyak.
Untuk itu PT Songgolangit memperkenalkan teknologi yang ramah lingkungan EM4 kepada masyarakat. Di pameran Bogor Tourism Mart and Expo’ inilah sebagai sarana yang tepat memperkenalkan teknologi EM kepada masyarakat. Karena ajang pameran ini sangat ramai dikunjungi masyarakat khususnya dari Jakarta dan masyarakat Bogor sendiri
Memang Bogor yang berada di selatan Kota Jakarta, perlu diupayakan pemanfaatan sampah secara intensif. Dengan membuat bokashi sendiri (pupuk limbah rumah tangga dengan teknologi EM4) masyarakat memanfaatkan pupuk tersebut utnuk lahan pertaniah atau untuk memupuk lahan pekarangan sendiri. Dan ini memberikan hasil tambah, apalagi dijadikan usaha sehingga dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga.
Seperti dilakukan kelompok Tani Mekar Tajurhalang Bogor, memanfaatkan sampah kota untuk dijadikan pupuk bokashi. Dan pupuk ini sangat diminati masyarakat Bogor dan sekitarnya. ‘’Kami memproduksi ini masih skala kecil tapi sudah banyak permintaan, apalagi pupuk bokashi ini sangat cocok untuk tanaman palawija dan sayuran yang banyak ditanam di kota Bogor ini, ‘kata dadang salah satu anggota kelompik tani Mekar, Tajurhalang Bogor tersebut. Fermentatornya EM4 juga menjadi perhatian pengunjung pameran. (Agus Salam)
KORAN PAK OLES/EDISI 177/15-30 JUNI 2009
Thanks for reading HUT Kota Bogor: Songgolangit Persada Buka Stand

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar