Home » » Cleft Center FKG Unpad Tangani 10.000 Pasien CBL

Cleft Center FKG Unpad Tangani 10.000 Pasien CBL

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung melalui cleft center telah berhasil menangani dan melakukan perawatan terhadap sekurangnya 10.000 orang penderita celah bibir dan langit (CBL), demikian Website Unpad, Jumat pekan lalu.
Perawatan terhadap sekitar 10.000 orang penderita CBL itu dilakukan bekerjasama dengan Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir & Langit (YPPCBL) yang telah berlangsung selama periode 1979-2008, kata Dekan FKG Unpad Prof Eky Setiawan kepada Rektor Unpad Prof Ganjar Kurnia pada peresmian Klinik Kelas Pengantar Bahasa Inggris (KPBI) dan Klinik Bagian Konservasi Gigi Rumah Sakit Gigi & Mulut (RSGM) di Jalan Sekeloa Selatan, Bandung, Kamis (4/12).
FKG Unpad juga memiliki keunggulan sebagai satu-satunya yang memiliki tim bedah ortognatif di Indonesia. Dekan FKG Unpad memperlihatkan beberapa gambar yang menunjukkan proses bagaimana awalnya seseorang dengan kecenderungan rahang dan susunan gigi tidak sempurna, yang kemudian mengalami berbagai rangkaian pembedahan hingga akhirnya menjadi jauh lebih cantik.
Rektor Unpad Prof Ganjar mengapresiasi keberhasilan yang telah dilakukan sivitas akademika FKG menjelang usia ke-50 pada tahun 2009. Hal yang perlu dicermati adalah relung pasar yang dimiliki FKG, misalnya sebagai satu-satunya yang memiliki tim bedah ortognatif itulah yang perlu dikembangkan dan diunggulkan sebagai ciri khas, katanya.
Melihat berbagai fasilitas berharga mahal yang dimiliki FKG, Prof Ganjar mengimbau agar setiap fakultas juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang tepat agar pengadaan fasilitas belajar mengajar menjadi lebih baik. Ada logo sponsor pun tidak apa.
Beberapa bagian dari Klinik KPBI ini akan dimanfaatkan oleh para dosen dan mahasiswa FKG untuk proses belajar mengajar, terutama praktikum kelas berpengantar bahasa Inggris atau mahasiswa asing. Pada bagian ruang lainnya, juga disediakan fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa FKG.
Dekan FKG, Prof Eky Setiawan menuturkan sejarah berdirinya FKG di tahun 1959, tepatnya tanggal 1 September. Ketika itu, FKG memanfaatkan sebuah rumah di kawasan Jalan Cisangkuy. Tahun 1967, FKG pindah ke Jalan Maulana Yusuf, dan selanjutnya pada tahun 1976 pindah ke Kompleks Unpad di Jalan Sekeloa Selatan. Mulai tahun 1986, FKG memulai aktivitas di Unpad kampus Jatinangor hingga kini.
Perkembangan FKG hingga tahun 2008 dengan jumlah mahasiswa seluruh jenjang yaitu sarjana, profesi, spesialis mencapai 1.170 orang dengan dosen mencapai 144 orang. Tampak perbandingan jumlah dosen dan mahasiswa berada di angka yang ideal, yaitu 1:9. Seluruh aktivitas penyelenggaraan pendidikan didukung oleh 56 orang tenaga kependidikan. Mahasiswa KPBI di FKG sendiri ada 115 orang. Pada tahun 2009 FKG juga akan bekerja sama dengan PT Univeler Indonesia untuk menyediakan ambulance perawatan gigi.
Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Cleft Center FKG Unpad Tangani 10.000 Pasien CBL

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar