Home » » Siswa SMA Darma Praja Belajar Pupuk Organik

Siswa SMA Darma Praja Belajar Pupuk Organik

Oleh: Wayan Nita
Untuk bisa bersaing di dunia wirausaha, para pelajar selain dituntut menguasai banyak ilmu secara formal, juga memiliki keterampilan spesifik. Menghadapi tantangan itulah, para pendidik di SMA Darma Praja Denpasar menggulirkan program pengenalan keterampilan wirausaha. Sebagai salah satu wujudnya, mereka mengajak para siswa mengunjungi kebun produksi dan percontohan tanaman obat di Jl Pulau Roti Denpasar.

Kunjungan yang menitik beratkan pada pengenalan dunia usaha ini, merupakan agenda wajib untuk siswa kelas tiga jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sekitar 40 pelajar didampingi oleh satu guru pembimbing, mengikuti pelatihan sehai. Widiarta selaku guru pendamping menyebut, kegiatan tersebut masih berhubungan dengan materi pelajaran.

‘’Tujuan kunjungan pelatihan ini untuk mengenalkan pada siswa berbagai macam tanaman obat dan kegunaan. Selain itu siswa diharapkan bisa belajar cara membuat pupuk organik dari sampah, minimal mereka secara swadaya menerapkan dari skala rumah tangga dulu. Dari kunjungan ini, para siswa diminta membuat laporan berupa karya tulis.

Ni Made Rina Sari, salah seorang siswi SMA Darma Praja menyatakan, banyak tanaman obat yang baru ditemui dan diketahui khasiatnya. Pengetahuan tentang pentingnya tanaman obat dapat memacu semangat mereka untuk membuat apotek hidup. “Ini dapat membantu memberikan pertolongan pertama bagi masyarakat sekitar. Ini sesuai dengan keinginan saya untuk membangun desa, membangun bangsa seperti Pak Oles,” tandas Rina.

Para siswa juga mendapat penjelasan sekilas tentang proses pembuatan pupuk organik di gedung pabrik pupuk Bokashi Kotaku. Pupuk itu dibuat dari gabungan bahan baku kotoran ternak, serbuk gergaji, sekam padi dan molasses yang difermentasi dengan campuran larutan EM4, di samping pengolahan sampah organik. “Dengan banyaknya pelatihan ini diharapkan siswa bisa praktek di rumah dan bisa mengajarkan kepada yang lain cara pembuatan pupuk,” ujar guru bahasa Jepang dan Inggris ini.
Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Siswa SMA Darma Praja Belajar Pupuk Organik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar