Home » » Mata Minus Bisa Melahirkan Normal

Mata Minus Bisa Melahirkan Normal

Oleh: Wayan Nita
Gangguan penglihatan memang menganggu semua aktifitas. Pengobatan yang disarankan bagi penderita rabun jauh (mata minus) hanya dengan menggunakan kacamata. Aktivitas menjadi terbatas dengan menggunakan kacamata. Penampilan pun menjadi kurang menarik dengan aksesoris pengobatan ini. Kecenderungan semakin lama minus pada mata akan semakin meningkat. Hanya pada minus kecil saja yang bisa disembuhkan, itu pun tidak 100%.
Pada wanita dengan minus tinggi (diatas 4) lebih berresiko terjadinya perlukaan pada mata (Ablatio Retina). Perlukaan ini dapat menyebabkan retina robek, lepas atau terkelupas, yg biasa terjadi akibat kehamilan dan persalinan. Tapi menurut dr Indah, Sp.M, dokter yang bertugas di poli mata RSUP Sanglah ini, tidak semua wanita mempunyai resiko retina robek. Wanita dengan minus tinggi tidak perlu khawatir untuk melahirkan anak secara normal. Tentu, selama hamil harus mendapat perhatian dokter kandungan dan dokter mata.
Robekan pada retina, kata dokter yang diakrabi dr Iin itu, rentan terjadi pada penderita mata minus 4 sampai 7, sedangkan di atas minus 7 justru jarang kena. Selain itu, pernah mengalami benturan keras di mata, memiliki riwayat keluarga yang menderita retina robek. Tapi, sebut ibu dua anak ini, ada metode penanggulangan untuk menangani robek pada retina mata, yakni melalui operasi. Jika masa kehamilan ditemukan gejala penipisan maka dilakukan dengan bantuan forcep, saat kepala janin sudah siap keluar.
“Pertimbangan boleh melahirkan normal tergantung minus mata, besarnya janin, luas pinggul dan factor lain yang berhubungan dengan mudahnya persalinan atau tidak,” ungkap dokter yang juga praktek di Apotek Puri Farma ini.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penipisan pada retina mata ini. Kebiasaan mengejan saat BAB dapat memicu penipisan pada retina mata. Untuk memudahkan saat BAB, pasien dianjurkan sering konsumsi serat buah dan sayur. Selain itu, kurangi angkat benda berat. Bagi wanita hamil yang ingin persalinan normal, hendaknya selalu konsultasi tentang kondisi mata ke dokter mata maupun dokter kandungan.
‘’Periksakan mata secara berkala untuk mengetahui kondisi mata. Terlebih bagi wanita dengan minus mata tinggi. Sehingga jika terdeteksi ada robekan pada retina segera dapat diatasi sebelum terjadi kebutaan,’’ ujar dr Iin.
Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Mata Minus Bisa Melahirkan Normal

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar