Home » » Bali Pilih Pariwisata Basis Ekonominya

Bali Pilih Pariwisata Basis Ekonominya

Adanya pemekaran wilayah di Sunda Kecil pada tahun 1958 secara tidak sengaja Bali memilih pengembangan sektor pariwisata sebagai basis perekonomian daerah dengan mengandalkan seni budaya dan pesona alamnya, kata Ketua Lembaga Penelitian Universitas Nusa Cendana Kupang, NTT Dr Fred Benu.
Ia menilai pilihan Bali saat itu tidak salah, terbukti kemajuan ekonomi Bali mengalami perkembangan pesat melampaui dua provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Ketika Bali, NTB dan NTT masih tergabung dalam satu Provinsi Sunda Kecil sebelum tahun 1958 memiliki akses insfrastruktur yang relatif tidak jauh berbeda satu sama lainnya.
Namun setelah terpisah, Bali memiliki ekspektasi besar tentang kekuatan daya dorong pariwisata daerah. "Tampaknya pengembangan sektor pariwisata daerah tidak bersinergi secara konstruktif dengan pengembangan insfrastruktur khususnya transportasi di NTB dan NTT," kata Dr Fred Benu.
Bahkan pengembangan infrastruktur diintegrasikan dengan sektor non pariwisata khususnya bidang pertanian, baik di NTB maupun NTT.
Bali sendiri sejak awal tidak mengalami hambatan yang berarti dengan infrastruktur sektor pertanian dengan sistem subak yang sudah melembaga dan berkembang secara baik. "Sebenarnya tidak ada salah dengan pilihan pengembangan insfrastruktur transportasi yang diintegrasikan dengan bidang pertanian, sesuai basis ekonomi masing-masing daerah," katanya.
Pengembangan infrastruktur jalan dan transportasi menjadi keharusan bagi dinamika ekonomi suatu wilayah. Pendekatan kebijakan tersebut belum cukup karena masih memerlukan adanya kebijakan penguatan sumber daya manusia.
Selain itu adanya kesiapan menghadapi keterbukaan pasar dan persaingan yang semakin ketat. Pendekatan tersebut kurang dilakukan Pemerintah NTT dan NTB beserta seluruh pemangku kepentingan lainnya.
Dengan demikian tatanan sosial-ekonomi masyarakat kurang akomodatif terhadap tuntutan perubahan, berbeda halnya dengan Bali yang sejak awal sudah memilih sektor pariwisata sebagai lokomotif pengembangan ekonomi, sehingga betul-betul siap, bahkan mampu bersaing dengan daerah tujuan wisata di mancanegara, ujar Fred Benu. (Beny Uleander/Ant) Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Bali Pilih Pariwisata Basis Ekonominya

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar