Home » » Ekspansi Pasar Jawaban Hadapi Krisis

Ekspansi Pasar Jawaban Hadapi Krisis

Perluasan pasar tetap menjadi kunci jawaban untuk menghadapi krisis ekonomi global jika krisis yang bermula dari kredit perumahan di Amerika Serikat (AS) tersebut tidak kunjung berakhir atau bahkan harus berlanjut ke ronde kedua.
"Mau tidak mau, krisis global sangat berpengaruh pada dunia usaha di Yogyakarta sehingga semua pihak harus berhati-hati dan bersiap-siap. Perluasan pasar tetap menjadi jawabannya," kata Ketua Kadin Daerah Istimewa Yogyakarta, Sukamto kepada Antara.
Menurut Sukamto, krisis ekonomi global yang berimbas kepada dunia usaha di Indonesia dapat diibaratkan sebagai komplikasi penyakit. "Saat kondisi ekonomi dalam negeri belum membaik, dunia usaha kemudian harus ditimpa oleh krisis global sehingga sangat memberatkan," ujarnya.
Jika pengusaha melakukan ekspor, lanjut Sukamto, harus bisa meluaskan tujuan pasarnya tidak hanya terpaku di satu benua saja, seperti AS, tetapi dapat meluaskan produknya hingga ke daerah lain, seperti Timur Tengah. "Mereka harus bisa menyebarkan produk ke seluruh negara di dunia," lanjutnya.
Selain itu, pasar domestik harus digarap dengan serius dan kunci utama yang harus dimiliki pengusaha adalah sikap percaya diri bahwa kualitas produk yang mereka hasilkan tidak kalah dengan produk luar negeri.
"Pengusaha harus bisa menyosialisasikan ke masyarakat untuk percaya dengan produk dalam negeri, sehingga masyarakat juga membelinya," tegasnya.
Penguatan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) utamanya dari sektor modal, dinilai Sukamto juga mampu meredakan dampak krisis ekonomi global di dalam negeri.
Dunia UMKM cukup kuat menghadapi tekanan krisis ekonomi terbukti mampu menjadi penyelamat Indonesia saat dilanda krisis ekonomi 10 tahun lalu.
"UMKM banyak yang kurang modal, sehingga pemerintah harus mengupayakan sebuah lembaga penjamin sehingga mereka mampu mencukupi modalnya dan kemudian mengembangkan usaha mereka," ujarnya.
Meski demikian, Sukamto berharap tidak akan ada krisis global ronde kedua sehingga dunia usaha terus dapat berkembang.
Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Ekspansi Pasar Jawaban Hadapi Krisis

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar