Home » » Media TV Pengaruhi Perilaku Konsumtif

Media TV Pengaruhi Perilaku Konsumtif

Perilaku konsumtif remaja di Kabupaten Jember, Jatim dipengaruhi oleh media televisi, kata akademisi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Jember (Unej), Djoko Susilo dan Sri Yuniati dalam acara kolokuium "Hasil Penelitian Unej" yang di gelar di aula Lembaga Penelitian Unej, Jumat (5/12).
Menurut Djoko, pertumbuhan media televisi di Indonesia membawa perubahan terhadap pola penggunaan media, terutama di kalangan remaja. Banyak tayangan yang disajikan menjadi alat yang kuat untuk merubah perilaku remaja yang konsumtif.
Ia mengemukakan, tujuan penelitiannya untuk mengetahui hubungan antara pola penggunaan media televisi dan perilaku konsumtif remaja di kabupaten Jember.
Acara koloikuium Hasil Penelitian Universitas Jember dilaksanakan sejak Selasa (25/11) hingga Jumat (5/12)."Kita ingin mengukur seberapa jauh pengaruhi media TV terhadap perilaku konsumtif remaja," katanya menjelaskan
Joko menerangkan, hasil kesimpulan penelitiannya diperoleh melalui survei dari populasi remaja yang berusia 16-18 tahun di Kabupaten Jember. Pemilihan sample menggunakan "Cluster Random Sampling" dengan jumlah 100 orang. "Hasilnya menunjukkan, derajat korelasi antara pola penggunaan media televisi dan perilaku konsumtif remaja sebesar 0,48 persen," katanya.
Lanjut Djoko, terdapat hubungan positif dan signifikan antara pola penggunaan media televisi dan perilaku konsumtif remaja di Jember, dengan koefisien determinasi sebesar 0,22.
Hal ini berarti, varian yang terjadi pada variabel perilaku konsumtif remaja di Jember sebesar 22,55 persen ditentukan oleh penggunaan media dan selebihnya 77,45 persen ditentukan variabel luar. "Perilaku konsumtif remaja di Jember dipengaruhi oleh penggunaan media televisi," tegasnya seperti dilansir Antara.
Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Media TV Pengaruhi Perilaku Konsumtif

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar