Home » » Konsumen Diminta Hati-Hati Pakai Kosmetik

Konsumen Diminta Hati-Hati Pakai Kosmetik

Efek Instan
Konsumen kosmetik diingatkan untuk berhati-hati menggunakan produk kecantikan terkait maraknya peredaran kosmetik yang mengandung zat berbahaya. Peneliti dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Pusat, Ida Marlinda di Jakarta, Jumat (5/12) mengingatkan, kosmetik yang terdaftar dan harganya mahal, serta memiliki gerai penjualan khusus, pun tidak menjamin produk tersebut aman dan bermutu.
‘’Meskipun suatu merek atau produk kosmetik terdaftar, namun tidak menutup kemungkinan ada kandungan yang diubah setelah laku untuk mendapatkan efek atau hasil instan,’’ katanya.
Ia mengatakan konsumen harus jeli dan paham bahwa kosmetik yang dijual bebas tidak boleh memberikan efek instan atau cepat, meskipun harganya mahal. Kalau langsung menimbulkan efek setelah dipakai harus segera berhenti menggunakan. Misalnya dalam seminggu ada reaksi yang keras atau perubahan pada kulit, harus segera dihentikan pemakaiannya,’’ katanya.
Selain itu, kata Ida, konsumen juga memperhatikan tanggal produksi, bau, dan warnanya. Suatu produk meski terdaftar resmi, juga perlu dilihat kadaluwarsanya, atau minimal tahu tanggal produksinya, dan penyimpanannya pun harus diperhatikan.
Sementara masyarakat yang kerap mengunjungi klinik perawatan kulit, diingatkan Ida, untuk mencari klinik perawatan kulit yang memiliki dokter spesialis resmi. ‘’Yang lebih baik datangilah dokter spesialis kulit, karena klinik kulit tanpa dokter spesialis hanya dapat merawat saja, bukan melakukan perubahan pada kulit,’’ ujarnya.
Beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengumumkan 27 produk kosmetik berbahaya, karena mengandung mercuri, asam retinoat, zat warna Rhodamin (merah K.10) dan merah K.3. Kandungan ini dapat merusak kulit dan menimbulkan penyakit seperti kerusakan permanen pada susunan syaraf, otak, ginjal, gangguan perkembangan pada janin. Selain itu pemakaian dalam dosis tinggi dapat meyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal hingga meninggal dunia.
Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Konsumen Diminta Hati-Hati Pakai Kosmetik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar