Home » » Sayuran Magelang Masuk Pasar Nasional

Sayuran Magelang Masuk Pasar Nasional

Produk sayuran dari berbagai tempat di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, telah memasuki pasar berskala nasional sehingga para pelaku usaha agro di daerah itu harus mempertahankan mutu produksinya.
"Sayuran panenan petani selain dipasok untuk Magelang dan sekitarnya juga untuk pasokan antarpulau," kata Pejabat Bupati Magelang, Warsono, dalam sambutan tertulis pada Pembukaan Pasar Tani Gemilang tahun 2008 yang dibacakan Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Magelang, Rohadi Pratoto, di Magelang, Sabtu (6/12).
Salah satu bukti peningkatan produk pertanian di daerah yang dikelilingi lima gunung (Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Pegunungan Menoreh) itu dengan dibangunnya dua Sub Terminal Agrinisnis (STA) yakni di Sewukan (lereng Gunung Merapi) dan Ngablak (Merbabu).
STA sebagai tempat pemasok produk sayuran dari Magelang ke berbagai daerah seperti Semarang, Yogyakarta, Purwodadi, Bandung, dan Jakarta.
Sejumlah pulau di luar Jawa yang menjadi sasaran pasokan produk sayuran dari Magelang antara lain Kalimantan dan Riau. "Baik untuk pasar tradisional maupun modern," katanya.
Ia menjelaskan, pemasaran sebagai bagian dari pengembangan agro mulai dari hulu hingga hilir, memegang peranan penting dalam sistem agribisnis.
Tetapi, katanya, aspek pemasaran masih dirasakan petani dan pelaku usaha pertanian sebagai kendala karena kurangnya informasi atas berbagai peluang agribisnis.
"Oleh karenanya dibutuhkan informasi berbagai peluang dalam agribisnis," katanya.
Ia juga mengatakan, posisi tawar petani relatif lemah antara lain karena kepemilikan lahan yang sempit, penerapan input dan teknologi pertanian yang sederhana, dan kemampuan pemasaran produk yang rendah.
Pasar Tani Gemilang, katanya, sebagai salah satu terobosan untuk meningkatkan posisi tawar petani produsen sayuran di daerah itu karena mendekatkan mereka dengan konsumen. "Pasar Tani Gemilang sebagai ajang pemasaran hasil pertanian segar maupun olahan, manfaatkan secara optimal juga untuk promosi lain supaya menarik masyarakat luas dan pelaku usaha agribisnis untuk membaca peluang pasar," katanya dilansir Antara.
Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Sayuran Magelang Masuk Pasar Nasional

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar