Home » » Banyak Perusahaan Akan ‘Turun Kelas’

Banyak Perusahaan Akan ‘Turun Kelas’

Pengamat ekonomi, Mohamad Fadhil Hasan, memperkirakan banyak perusahaan akan turun kelas atau menyusut ukurannya dari usaha besar ke usaha menengah, dari menengah ke kecil, dan dari kecil ke mikro akibat krisis finansial global. "Akan semakin banyak perusahaan berskala UMKM karena `downsizing` dan munculnya perusahaan UMKM baru sebagai akibat PHK massal," kata Fadhil Hasan di Jakarta, Kamis (11/12).
Sehingga, papar Fadhil, beban UMKM akan semakin berat karena harus menampung tenaga kerja baru sementara produktivitas menurun. "Dari sisi ekspor, sektor yang paling terkena dampak adalah UMKM walaupun persentasenya jauh lebih kecil dibandingkan usaha besar," katanya.
Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2008, menunjukan, sektor UMKM dapat menyerap tenaga kerja sebesar 91 juta orang (97,3 persen) dan mampu menyumbang PDB Rp2.121,31 triliun (53,6 persen).
Sumbangan UMKM terhadap ekspor Indonesia juga tidak diragukan pada 2007 yaitu mencapai Rp142,8 triliun (20,02 persen) dengan total nilai investasi UMKM Rp462 triliun (47 persen).
Fakta itu mengharuskan banyak pihak untuk menyelamatkan sektor UMKM dari dampak finansial global.
Menurut Fadhil, harus dilakukan komprehensif "approach" untuk memberdayakan UMKM dari berbagai sisi di antaranya kelembagaan, kebijakan affirmative, dan akses UMKM.
"Perlu dioptimalkan ekspansi kredit seperti KUR dan kredit berskala UMKM," katanya.
Fadhil juga menyarankan dilakukannya perluasan sistem sub-kontrak dengan UMKM melalui skema usaha yang saling menguntungkan. "Dan yang tidak kalah penting adalah perbaikan sistem informasi dan rating UMKM," katanya yang dikutip Antara.
Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Banyak Perusahaan Akan ‘Turun Kelas’

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar