Home » » Perempuan Kreatif Topang Ketahanan Pangan

Perempuan Kreatif Topang Ketahanan Pangan

Gaya hidup ramah lingkungan di antaranya menanam tanaman serba guna di pekarangan rumah. Ternyata aktivitas itu secara ekonomis bisa menciptakan ketahanan pangan keluarga. Masih banyak ibu rumah tangga yang tidak kreatif mengisi waktu luangnya di rumah.
"Di tengah sulitnya kondisi perekonomian saat ini, perempuan berperan strategis mendukung ketahanan pangan keluarga," ungkap Wakil Bupati Sleman, Sri Purnomo pada kegiatan perempuan tanam, tebar dan pelihara oohon di embung Karanggeneng, Purwobinangun, Pakem, awal bulan lalu.
Menurut dia, dukungan perempuan dapat diwujudkan antara lain dengan mengoptimalkan fungsi lahan pekarangan dan kebun di sekitar rumah.
"Program perempuan tanam, tebar, dan pelihara pohon selain mendukung ketahanan pangan keluarga juga bisa mengurangi dampak pemanasan global yang saat ini menjadi isu internasional melalui penanaman tanaman kehutanan dan `multy purpose tree`s species (MPTs) atau pohon serba guna," katanya.
Ia mengatakan, kaum perempuan juga harus ikut berpartisipasi aktif dalam upaya mengurangi dan mengatasi lahan kritis khususnya di Kabupaten Sleman.
"Pada 2007 lalu di Kabupaten Sleman masih terdapat sekitar 840 hektare lahan kritis, sehingga diharapkan kegiatan perempuan tanam, tebar dan pelihara pohon ini bisa mengurangi lahan kritis tersebut," katanya.
Kabid Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Sleman, Djafar Sudarno mengatakan, kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah pada kegiatan hari Menanam Pohon Indonesia dan bulan menanam nasional.
"Kegiatan ini juga bertujuan untuk menunjukkan partisipasi kaum perempuan yang dipelopori Tim Penggerak PKK dalam penghijauan lingkungan," katanya.
Ia mengatakan, dalam kegiatan ini kaum perempuan yang dipelopori Tim Penggerak PKK menunjukkan partisipasinya dengan menanam 27.620 batang tanaman.
"Peran perempuan dalam penanaman pohon ini memiliki arti yang sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan," katanya dikutip Antara.
Koran Pak Oles/Edisi 165/16-31 Desember 2008
Thanks for reading Perempuan Kreatif Topang Ketahanan Pangan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar