Home » » Manfaat Jamu Racikan Dari Binahong

Manfaat Jamu Racikan Dari Binahong

Oleh: Wayan Nita
Belum banyak masyarakat yang mengenal tanaman binahong, baik bentuk maupun khasiat. Padahal tanaman ini tumbuh di mana saja dan tidak perlu perawatan. Binahong tumbuh merambat, sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Ada yang menamainya binahong dan berasal dari Korea. Di Indonesia, tanaman ini sudah lama ada dan biasa disebut gendola (Basella rubra Linn).
Hampir semua bagian tanaman binahong seperti umbi, batang dan daun digunakan dalam terapi herbal. Kini bibitnya mudah dibeli di objek wisata Kopeng. Karena tanaman ini lebih cocok tumbuh dalam lingkungan yang dingin dan lembab. Binahong bermanfaat untuk menyembuhkan luka dalam dan luar seperti pasca operasi, thypus, maag, radang usus dan ambeien. Juga bias mengatasi pembengkakan dan pembekuan darah, memulihkan kondisi lemah setelah sakit, rematik, luka memar terpukul, asam urat dan mencegah stroke.
Seperti yang diungkapkan Soejiyo, mantan karyawan Kanindotex yang biasa nglaju Solo - Semarang setiap kali bekerja. ‘’Binahong adalah tanaman herba yang dapat memulihkan stamina yang loyo,’’ ungkap Soejiyo.
Untuk pemakaian dalam, Soejiyo meracik dengan mengambil 15 gram rhizoma (umbi) yang sudah dicuci bersih dan direbus dari tiga gelas air menjadi satu setengah gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum 2-3 kali sehari. Cara ini, sebut Soejiyo digunakan untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, thypus, disentri, mencegah stroke dan sakit pinggang. Khusus mengembalikan stamina dan menjaga kesegaran jasmani, air rebusan umbi binahong bisa ditambahi madu.
Daun dan batang binahong juga dapat digunakan untuk penyembuhan luka maupun memar. Caranya adalah dengan menumbuk halus bagian batang dan daun. Setelah halus langsung dapat dioleskan pada bagian yang luka atau memar. Kegunaan umbi binahong yang lain adalah untuk menyembuhkan pembengkakan jantung, pembengkakan lever, kencing manis, kerusakan ginjal dan radang usus besar.
Caranya; Rebus umbi binahong bersama daun sirih dan temulawak, dengan perbandingan ganjil 7:9:13. Bagian batang dapat mengatasi kelemahan laki-laki, yaitu dengan cara mengambil getah lalu dioleskan pada (maaf) penis. Diamkan beberapa saat lalu baru melakukan hubungan dengan istri. Batang binahong direbus ditambah kencur dari tiga gelas air menjadi satu gelas. Air rebusan dapat diminum setiap malam dan hasilnya pasti oke.
KPO/EDISI 158/AGUSTUS 2008


Thanks for reading Manfaat Jamu Racikan Dari Binahong

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar