Home » , » Pupuk Organik Hidrolisat Ikan

Pupuk Organik Hidrolisat Ikan

Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Jember (Unej) menciptakan pupuk organik yang bahannya berasal dari ikan. "Pupuk organik hidrolisat ikan ini 100 persen dibuat dari ikan segar yang dicairkan secara enzimatik," kata salah seorang penggagas, A Sjaifullah, PhD di Surabaya, awal Agustus.  
Seperti diberitakan Antara, pupuk organik cair hidrolisat ikan mengandung hidrolisat protein, asam amino dengan nutrisi utama berupa vitamin, hormon, minyak ikan dan mineral, baik makro maupun mikro. Pupuk itu juga mengandung fosfor organik yang diperlukan pertumbuhan akar yang sehat untuk efisiensi pemakaian unsur nitrogen dan kalium.
Karena kandungan nutrisi lengkap, pupuk cair hidrolisat ikan yang pertama kali di Indonesia itu bisa untuk menyuburkan tanah (penyiraman) dan sebagai pupuk daun (penyemprotan). Hasil uji coba terhadap tanaman padi, jagung, kacang tanah, semangka, melon dan jeruk menunjukkan, pemakaian pupuk itu dapat menurunkan pemakaian pupuk kimia hingga 80% dengan hasil panen yang lebih baik.
"Karena keberadaan pupuk cair ini diharapkan menjadi alternatif atau solusi untuk mengatasi kelangkaan pupuk yang akhir-akhir ini dialami petani di Indonesia termasuk di Kabupaten Jember," jelas Sjaifullah. KPO/EDISI 159/SEPTEMBER 2008
Thanks for reading Pupuk Organik Hidrolisat Ikan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar