Home » » Bank Sulut Salurkan Kredit Padi Organik

Bank Sulut Salurkan Kredit Padi Organik

PT Bank Sulut siap memacu kredit pertanian mulai tahun 2008 terutama budidaya padi organik dan tanaman holtikultura demi meningkatkan pendapatan petani. ‘’Guna mendukung keberhasilan kredit pertanian, Bank Sulut akan menerapkan pola baru dengan membentuk kelompok tani kerja sama Dinas Pertanian,’’ kata Dirut PT Bank Sulut, Xaverius Mapandy, di Manado, Minggu (24/8).
Pembentukan kelompok tani tersebut sebagai salah satu cara agar kredit pertanian yang akan disalurkan dalam jumlah cukup besar, benar-benar digunakan untuk peningkatan usaha pertanian. ‘’Selama ini masih banyak kredit pertanian yang salah digunakan. Bank Sulut ingin memelopori penyaluran kredit pertanian dengan hasil yang terukur,’’ kata Mapandy.
Guna mendukung keberhasilan kredit ke sektor pertanian, maka selain kelompok tani baru, Bank Sulut juga siap membiayai penyuluh pertanian yang akan membina petani yang nantinya mendapatkan penyaluran dana perbankan. Penyuluh pertanian bertindak sebagai konsultan sehingga bila terjadi masalah dalam pertanian dapat dicarikan jalan keluar. Hal ini sekaligus menghindarkan petani mengalami kerugian akibat gagal panen. Sampai 2007, Bank Sulut sudah menyalurkan kredit langsung ke petani sekitar Rp 12 miliar. Dari jumlah itu, 60% belum dikembalikan petani. (Antara) KPO/EDISI 159/SEPTEMBER 2008
Thanks for reading Bank Sulut Salurkan Kredit Padi Organik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar