Home » » Banyak Sarjana Menganggur

Banyak Sarjana Menganggur

Sungguh memprihatinkan. Itulah kata yang terlontar saat mendengar pernyataan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Fasli Jalal. Menurutnya, setidaknya saat ini di Indonesia ada 740.206 lulusan perguruan tinggi yang menganggur. Mereka tidak bekerja dengan alasan kompetensi ilmu yang tidak sesuai, lulusan yang tidak terserap, dan sarjana lulusan dari program studi yang sudah jenuh.
Lulusan dari fakultas ilmu sosial dan politik serta fakultas ekonomi sudah sangat banyak, tapi kurang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Ini sungguh ironis. Karena pendidikan di Indonesia makin banyak menghasilkan penganggur. Apakah mereka dididik hanya untuk menjadi buruh yang mencari kerja pada orang lain. Bukankah seharusnya para sarjana lebih mampu dan lebih berilmu. Sehingga seharusnya mampu menciptakan lapangan kerja, setidaknya mandiri. Nampaknya semangat entreprenur dan berwirausaha harus semakin dikobarkan pada generasi muda. Agar mereka tidak selalu bergantung pada pengadaan lowongan menjadi PNS atau lowongan kerja di swasta. Inilah saatnya kita buat lapangan kerja bagi diri kita sendiri dan kalau bisa bagi orang lain. Ayo kita bisa!
(Komentar: Rosi Sugiarto, Pondok TK Al Firdaus Jatisari BSB Mijen Semarang) KPO/EDISI 158/AGUSTUS 2008
Thanks for reading Banyak Sarjana Menganggur

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar