Home » , , , » Manfaat Minum Madu Selama Hamil

Manfaat Minum Madu Selama Hamil




Oleh: Beny Uleander
Masa kehamilan adalah periode awal kehadiran seorang anak manusia ke bumi. Setiap ibu pasti berharap janin yang dikandungnya tumbuh normal dan sehat. Itulah sebabnya setiap ibu yang sedang mengandung buah hatinya dianjurkan untuk minum madu secara rutin pagi dan sore.
Wiwien, perempuaan kelahiran Lamongan 21 April 1974 rutin mengonsumsi madu selama masa kehamilannya. Isteri dari Bripka Wayan Purnata sudah terbiasa minum madu untuk menjaga stamina dan menambah kebugaran. Kebiasaan tersebut diteruskan saat mengandung anak pertamanya.
“Sebelum minum madu, kandungan saya sering keguguran. Akhirnya setelah menonton acara kesehatan Bali TV, saya mendengar seorang dokter menyarankan setiap ibu hamil harus minum madu untuk memperkuat janin. Apalagi perempuan yang menderita penyakit rubella atau virus kucing yang setiap kali hamil sering keguguran atau melahirkan bayi cacat dianjurkan untuk minum madu,” ungkapnya.
Rubella yang disebabkan oleh virus menimbulkan persoalan bila menyerang wanita yang sedang hamil. Pada ibunya sendiri mungkin tidak akan menjadi masalah, namun sangat membahayakan janin seperti mengakibatkan keguguran atau abortus bagi janin, atau beberapa kelainan bawaan bila bayi itu lahir kelak. Kelainan itu seperti katarak pada mata yang selanjutnya bisa berakibat kebutaan, selain juga kelainan pendengaran (tuli).
Selama hamil, Wiwien minum madu racikan Pak Oles yaitu Madu Polen dan Royal Jeli. Kebetulan Wiwien bekerja sebagai staf pemasaran Madu Alam di Denpasar sehingga ia bisa membedakan mana madu asli dan mana madu organik yang sudah dicampur pemanis menjadi sirup atau sejenisnya. “Sebulan sekali saya periksa ke dokter, kondisi saya dan janin sehat tidak kurang sesuatupun padahal saya tetap bekerja selama sembilan bulan kehamilan,” ungkap wanita yang menggemari aerobik ini.
Setiap bangun pagi atau sebelum tidur malam, Wiwien minum madu Royal Jeli 2-3 senduk teh. Hasilnya, Wiwien mengaku kurang merasa mual saat ngidam dan kondisi tubuh tetap fit meski usai kerjaan kantor melanjutkan pekerjaan rumah. Kalau tidak minum madu, Wiwien mengaku tubuhnya terasa lemah. “ Kalo lupa minum madu baru jam 10 pagi saya sudah merasa lemas. Yaah akhirnya suami saya jadi terpengaruh ikutan minum madu. Kadang dia sudah menyiapkan madu untuk saya saat bangun tidur,” ujarnya bangga.
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading Manfaat Minum Madu Selama Hamil

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar