Home » » Ikan “Kancra Putih” Objek Wisata Kuningan

Ikan “Kancra Putih” Objek Wisata Kuningan

Ratusan wisatawan setiap Minggu dan hari libur mengunjungi objek wisata Cibulan, yang tersedia kolam ikan "Kancra Putih" sekaligus kolam renang di Desa Cimanis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kuningan (Jabar).
"Setiap hari ada saja yang berkungjung kesini, tetapi yang paling ramai pada hari libur, bahkan mencapai ribuan orang," kata Pemandu wisata Mamat kepada Antara di Cibulan, Senin (30/3).
Daya tarik wasatawan datang ke tempat itu adalah tersedianya kolam ikan "Kancra Putih," atau "Ikan Dewa" serta terdapat tujuh sumur tempat pertapaan Prabu Siliwangi yang airnya sangat bening.
Ia menjelaskan, ikan "Kancra Putih" mirip ikan emas berwarna abu-abu mendekati putih konon hanya ada di tempat itu sejak puluhan bahkan ratusan tahun.
Sekitar 500 ikan di kolam tersebut tidak pernah ada yang mengonsumsi dan walaupun beranak-pinak jumlahnya tetap tidak bertambah.
Cara pengembangbiakannya pun belum pernah ada penelitian, apakah bertelur atau beranak. Makanan ikan "Kancra Putih" adalah buah-buahan, seperti apel merah yang dikupas dan dicincang kecil-kecil, tatapi kadang kala ada pengunjung memberi makan berupa kacang-kacangan.
Keistimewaan lain, ikan yang beratnya ada yang mencapai enam kilogram tersebut tampak akrab dengan pengujung yang mandi di kolam yang cukup luas, bahkan terlihat jinak.
Kolam dengan debit air yang cukup walaupun musim kemarau tersebut memiliki air sangat bening, sehingga pengunjung bisa melihat dengan jelas atraksi ikan-ikan tersebut.
Dia mengatakan, pengunjung baik wisatawan Nusantara dan Mancanegara biasanya langsung mandi dan dapat menyewa ban pelampung khusus untuk kolam yang dalamnya mencapai tiga meter.
Untuk menjangkau tempat wisata Cibulan yang sekitar delapan kilometer dari Kuningan dan sekitar 40 kilometer dari Kota Cirebon tersebut dapat menggunakan kendaraan roda empat.
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading Ikan “Kancra Putih” Objek Wisata Kuningan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar