Home » » NTB Kekurangan Dokter Spesialis

NTB Kekurangan Dokter Spesialis

Tenaga dokter spesialis di Nusa Tenggara Barat (NTB) sangat terbatas, sehingga menjadi kendala dalam menangani pasien. Kepala Dinas Kesehatan NTB, H. Ismail di Mataram, Sabtu (28/3) mengatakan, jumlah dokter spesialis di NTB hanya 66 orang sementara yang dibutuhkan lebih dari 100 orang. Ada 66 dokter spesialis bertugas di Rumah Sakit Umum (RSU) Provinsi dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten dan Kota.
Kekurangan dokter spesialis juga disebabkan banyaknya dokter spesialis yang memasuki masa pensiun, bahkan RSUD Sumbawa dan Dompu hingga kini belum memiliki dokter spesialis. ‘’Jumlah tenaga medis di NTB yakni dokter spesialis 66 orang, dokter umum 357 orang, dokter gigi 115 orang dan perawat 3.787 orang,’’ katanya.
Menurut Ketua Komisi IV DPRD NTB, TGH Muharrar Mahfud mengatakan, untuk mengatasi kekurangan dokter spesialis kini sebanyak 20 dokter di NTB segera melanjutkan pendidikan untuk menjadi dokter spesialis. Yang menjadi kendala setelah lulus menjadi dokter spesialis banyak daerah yang berebut dan menawarkan insentif cukup besar antara Rp15 juta hingga Rp 25 juta per bulan.
Untuk mengikat para dokter yang menjadi dokter spesialis dengan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) NTB, tidak lari maka dilakukan penandatangnan Mou yang disaksikan DPRD NTB. Dokter yang lulus jadi dokter spesialis harus kembali atau mengabdi di daerah asal minimal 10 tahun. Dengan keberangkatan 20 orang dokter untuk sekolah dokter spesialis seperti spesialis mata, dalam, THT dan bedah tidak mengganggu pelayan di berbagi rumah rakit di daerah ini. Agar betah tinggal di daerah ini, pihak eksekutif dan legislatif siap menambah insentif para dokter spesialis minimal Rp 5 juta.
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading NTB Kekurangan Dokter Spesialis

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar