Home » , » Terapi Yoga Bersihkan Hidung

Terapi Yoga Bersihkan Hidung

Tips Yogacharya Laxmi Narayan

Oleh: Beny Uleander
Jangan lupa sikat gigi sebelum tidur. Itulah hal yang ditanamkan orangtua sejak kecil kepada anak-anaknya. Tapi kini, ayah ibu di rumah dengan membaca tulisan ini bisa menambahkan pesan, “Jangan lupa minum air membersihkan hidung!”.
Yogacharya Laxmi Narayan seorang guru yoga kelahiran Himalaya, India sempat berbagi tips asana (sikap tubuh) tertentu dipadukan dengan pranayama (latihan pernapasan) untuk membersihkan hidung dan tenggorokan.
Menurut Direktur Jairam Ashram Yoga Sadhana Arogya dan Yoga Research Institute Rishikesh, Himalaya, India itu, teknik-teknik penyembuhan dalam yoga adalah warisan peradaban dunia yang amat bermanfaat untuk kesehatan. Selain ilmiah dan universal, teknik yoga untuk membersihkan bagian dalam tubuh sudah dipraktekkan para yogi ribuan tahun yang lalu. Sayangnya, jarang sekali dipublikasikan ke media. Teknik membersihkan diri dengan yoga hanya diajarkan di kelompok-kelompok yoga atau ashram.
Saat menghadiri ajang Festival Yoga Internasional Bali-India di Bali, 3-10 Maret lalu, Yogacharya Laxmi Narayan yang fokus mengembangkan penelitian tentang yoga dan pranayama untuk terapi kesehatan, memperlihatkan tips membersihkan tenggorokan maupun hidung dengan air.
Caranya, siapkan air hangat dicampur garam sedikit. Lalu diminum tapi tidak ditelan. Saat air berada dalam mulut, napas yang ditahan dikeluarkan. Serentak pula air akan keluar lewat hidung dan membersihkan area hidung dari berbagai kotoran. Bisa dibuat bervariasi, air keluar lewat lubang hidung kanan atau kiri.
Ada juga teknik lain, asalkan ada alatnya yaitu kendi dengan saluran air yang panjang. Air dimasukkan lewat lubang hidung kanan dan keluar lewat lubang hidung kiri. Dan kembali diulang sebaliknya, agar kedua lubang pernapasan tersebut benar-benar bersih. Kedua teknik terapi yoga tersebut, papar Laxmi Narayan, efektif untuk mencegah dan menyembuhkan flu, batuk ataupun sinusitis. “Masih banyak lagi terapi yoga yang berhasil menolong ribuan pasien menderita diabetes, asma, masalah jantung, arthritis dan penyakit lainnya menggunakan yoga dan pranayama,” ungkap pria yang belajar yoga sejak usia dua tahun.
Anda layak mencobanya di rumah!
(Keterangan foto: Yogacharya Laxmi Narayan didampingi Arpita (21) mempraktekan terapi yoga untuk kesehatan saluran pernapasan luar.)
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading Terapi Yoga Bersihkan Hidung

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar