Home » , » Jaga Kualitas Hidup Dengan Seni Pernafasan

Jaga Kualitas Hidup Dengan Seni Pernafasan




Menjaga dan merawat kesehatan tubuh agar memiliki kualitas hidup yang baik cukup menggunakan cara yang sederhana yakni bernafas dan bergerak dengan baik.
"Siapapun yang ingin memiliki kualitas hidup, maka kuasailah nafas dengan baik," kata Guru Besar Senam Pernafasan Satria Nusantara, Dr. Maryanto, di Medan, Selasa (17/3).
Cara merawat tubuh manusia agar tetap sehat sangat sederhana, yang pertama memperhatikan nafas, karena nafas adalah inti dari kehidupan manusia.
Dalam bernafas ada dua macam yakni nafas dangkal dan nafas dalam. Nafas dangkal yang menggunakan nafas dada, sedangkan nafas dalam menggunakan diagframa perut.
Nafas dada hanya kira-kira sepertiga udara saja yang sampai ke dasar paru-paru, sehingga nafas dada merupakan nafas yang boros tidak efektif karena tidak tepat sasaran, buang waktu dan energi.
"Sedangkan bernafas yang baik, adalah menggunakan nafas diagframa perut sebagaimana diajarkan dalam senam pernafasan Satria Nusantara. Pernafasan perut adalah pernafasan dalam yang dapat masuk ke dasar paru-paru dan inilah yang menjelaskan mengapa sakit asma, sesak nafas, bronchitis bisa sembuh dengan proses pernafasan Satria Nusantara," katanya.
Menurut Dr. Maryanto, orang yang senang latihan pernafasan dengan gerak, maka dia akan kelihatan awet muda dibanding dengan orang yang tidak senang olahraga.
Oleh karena itu, lanjutnya, selagi masih punya waktu dan kesempatan, dia mengajak untuk perdalam latihan pernafasan dan mulai memperbaiki bagaimana bernafas dengan baik dan benar, diikuti dengan gerakan sebanyak mungkin. "Karena semakin banyak kita bergerak, maka akan hiduplah kita," katanya sambil menambahkan bahwa latihan itu ada syaratnya yaitu latihan teratur minimal seminggu dua kali, terukur, terarah, dan berkesinambungan.
Namun begitupun, kata dia, latihan juga tidak hanya sekedar latihan saja, tetapi harus ada faktor pendukung lainnya yakni makan yang teratur. "Artinya, berhenti makan sebelum kenyang, secukupnya sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.Kalau lebih akan dirubah menjadi lemak, kalau jadi lemak merupakan cikal bakal penyakit baru," katanya dilansir Antara.
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading Jaga Kualitas Hidup Dengan Seni Pernafasan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar