Home » » Vaksin Efektif Cegah Penyakit

Vaksin Efektif Cegah Penyakit

Ikatan Dokter Anak Indonesi (IDAI) menyatakan, pemberian vaksin hingga kini masih efektif untuk mencegah beberapa penyakit berat yang dapat menimbulkan kematian dan kecacatan. ‘’Vaksin yang dimasukkan ke dalam rekomendasi jadwal imunisasi IDAI juga sudah melalui kajian ilmiah dari Satuan Tugas Imunisasi IDAI dan sudah mendapatkan ijin edar dari pemerintah,’’ kata Ketua Umum IDAI, Badriul Hegar di Jakarta.
Sebelum digunakan pada manusia, vaksin sudah diuji keamanan dan kemanjuran pada binatang, kelompok tertentu di sejumlah negara. Peredaran suatu jenis vaksin di Indonesia, harus atas izin Departemen Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Penggunaannya berdasarkan rekomendasi organisasi profesi terkait.
Penggunaan vaksin yang beredar di pasaran, lanjut Hegar, masih dipantau kelompok independen yakni Komite Nasional dan Komite Daerah Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) karena mereka yang bertanggung jawab kepada Menkes.
Mantan Ketua IDAI, Sukman T Putra mengatakan, IDAI merekomendasikan pemberian vaksin MMR (Measles, Mumps and Rubella), Hepatitis A, Hib (Haemophilus influenzae type b) untuk mencegah radang otak dan IPD (Invassive Pneumonial Disease) untuk mencegah pneumonia. Ke-4 jenis vaksin itu, sudah terbukti efektif meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap penyakit dan pemakaiaan direkomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Penelitian tentang efektifitas penggunaan vaksin, sudah dilakukan di negara serumpun dengan Indonesia termasuk Thailand, Filipina, Malaysia dan Singapura. Secara terpisah, Dirjen Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan, Prof Tjandra Yoga Aditama menyatakan, vaksinasi sangat penting dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit infeksi. ‘’Cuma yang perlu dikaji ulang jenis vaksin, metode pemberian disesuaikan dengan perkembangan ilmu terkini. Yang belum masuk program juga perlu dikaji, baik diberikan secara luas atau tidak," jelasnya.
Pada 25 Maret pemerintah melakukan pertemuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki pelaksanaan program imunisasi nasional. Hingga kini, vaksinasi yang sudah dimasukkan dalam program imunisasi rutin pemerintah meliputi vaksinasi DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus), BCG (Bacillus Calmette-Guerin), Campak, Polio dan Hepatitis B.
Menkes Siti Fadilah Supari merinci, ada 11 jenis vaksin yang beredar di pasaran dalam negeri. Meski penggunaannya mungkin tidak membahayakan namun perlu tidaknya vaksin untuk anak-anak dikaji ulang. Kami dari Departemen Kesehatan ingin meninjau kembali. Pemberian vaksin itu mungkin tidak berbahaya, tetapi apakah harus, itu yang perlu dikaji. Penelitian dan pengkajian penggunaan vaksin di luar program akan diarahkan untuk mengetahui efektifitas penggunaan vaksin-vaksin tersebut terhadap peningkatan kekebalan tubuh balita untuk melawan penyakit.
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading Vaksin Efektif Cegah Penyakit

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar