Home » , » Dengan Bernapas, Perut Turun

Dengan Bernapas, Perut Turun

Ni Made Kastini Adiputri
Oleh: Beny Uleander
Banyak remaja di Bali kini menekuni yoga untuk kesehatan dan pengendalian diri. Salah satu di antaranya adalah Ni Made Kastini Adiputri (21). Putri kedua pasangan I Wayan Sudana, SH dan Ni Ketut Sartini, SE ini setiap dua kali dalam seminggu menimba latihan pernapasan maupun berbagai gerakan yoga di Bali India Foundation (BIF), Renon, Denpasar.
Setiap Senin dan Rabu sore, Kastini, demikian sapaannya belajar yoga di BIF selama satu jam yang diisi dengan meditasi dan belajar teknik-teknik beryoga. “Awalnya saya agak susah mempelajari gerakan-gerakan yoga. Kalau ada gerakan yang sulit jangan dipaksakan, tapi dilatih setiap hari,” ungkap mahasiswi Fak. Teknik Sipil Universitas Udayana yang belajar yoga di BIF sejak Juli 2007.
Salah satu teknik yoga yang disukai dan terus dipraktekkan Kastini adalah teknik pernapasan perut untuk menjaga kelangsingan perut. Menurut guru yoganya Dr Somvir, latihan pernapasan perut tersebut akan menurunkan berat badan. Timbunan lemak di sekitar perut akan hilang hanya dengan latihan pernapasan perut yang dilakukan rutin setiap hari. “Berat badan saya dari 57 kilo turun jadi 53 kilo,” ungkap dara kelahiran Denpasar 22 Juli 1988.
Lanjut Kastini, teknik ini bisa dipraktekkan siapa saja yang mengalami masalah penumpukkan lemak di di sekitar perut. Orang gemuk atau penderita obesitas dengan perut buncit tak perlu melakukan fitness untuk menurunkan perut. Ya cukup dengan pernapasan perut. Saat otot perut ditarik ke dalam, napas dihembuskan dengan kuat. Teknik ini membuat otot di area perut dilatih bekerja ekstra.
Selain beryoga untuk kesehatan, diakui Kastini, latihan meditasi dalam yoga telah banyak mengubah dirinya. “Dari segi mental, saya merasa tida gugup lagi tampil di depan umum. Saya juga merasa lebih fokus dalam belajar dan disiplin dalam mengatur waktu,” ujar gadis manis yang kini dipercaya BIF melatih yoga untuk anak-anak.
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading Dengan Bernapas, Perut Turun

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar