Home » » Indonesia Jadi Tenaga Kerja Dunia

Indonesia Jadi Tenaga Kerja Dunia

Dr Petrus Mamuko, Msc, Dosen Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kusuma Negara Jakarta mengatakan angkatan kerja Indonesia miliki kesempatan besar untuk menjadi tenaga kerja dunia. Sekarang perusahaan di berbagai negara mengalami penyusutan jumlah tenaga kerja karena banyak tenaga kerja dewasa di dunia yang memasuki usia pensiun, kata Petrus yang juga Direktur SDM PT Conoco Philip di Bandung. "Ada 14 juta kesempatan bagi para angkatan kerja di Indonesia seiring dengan penyusutan jumlah tenaga kerja itu," katanya.
Indonesia kini sedang terkena dampak krisis global. Kesempatan kerja adalah fungsi dari pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini sedang mengalami masalah akibat krisis keuangan global. Ada banyak kesempatan bisnis global di luar negeri seperti Eropa, Amerika, Australia dan New Zealand.
Itu bisa menjadi kesempatan bagi orang Indonesia karena rendahnya pertumbuhan penduduk di negara-negara itu. Indonesia miliki banyak universitas dan perguruan tinggi yang melahirkan jutaan angkatan kerja. Australia dan New Zealand kekurangan sarjana IT dan akuntan.
Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Sudijono Sastroatmodjo di Semarang, Senin (30/3) menyatakan, peta pendidikan dunia sudah mengalami perubahan sebagai sebuah kecenderungan global yang tengah terjadi, kata Prof Sudijono pada a Dies Natalis ke-44 Unnes di auditorium Unnes.
Perubahan tersebut, kata Rektor, ditandai dengan munculnya pusat-pusat pendidikan unggulan terbaru. "Antara lain, Malaysia, Singapura dan Cina. Munculnya pusat-pusat pendidikan unggulan diiringi mengalirnya dana investasi untuk riset dan pengembangan. ‘’Gejala tersebut harus diwaspadai sebab tidak mustahil pendidikan nasional khususnya Unnes mengalami ketertinggalan,’’ kata Rektor.
Meski begitu, perubahan peta pendidikan dunia tetap membuka peluang bagi pendidikan nasional untuk masuk dalam dunia kompetisi global, di samping pesatnya perkembangan riset untuk memajukan ekonomi masyarakat. Sejak akhir 2008, Unnes terus mengembangkan visi menjadi universitas kelas internasional. Minimal Unnes mulai menerima mahasiswa dari dan mengirim mahasiswa ke luar negeri, serta mendatangkan dosen dari luar negeri.
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading Indonesia Jadi Tenaga Kerja Dunia

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar