Home » » Promosi Kurang, Tingkat Hunian Belum Maksimal

Promosi Kurang, Tingkat Hunian Belum Maksimal

Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Haryono mengatakan tingkat hunian sejumlah desa wisata di Sleman belum maksimal, karena kurangnya promosi.
"Padahal beberapa desa wisata di Sleman di antaranya Desa Tanjung, Brayut, Tlogoadi dan Trumpon memiliki dan menyimpan eksotisme luar biasa berupa suasana alam pedesaan yang masih asli," katanya.
Menurut dia, tanpa promosi yang intensif memang sulit bagi desa wisata untuk mendatangkan wisatawan, apalagi ada sekitar 40 desa wisata di wilayah Kabupaten Sleman, sehingga persaingannya ketat. "Jika dalam satu bulan ada kunjungan wisatawan, dan menginap di desa wisata, itu dianggap sudah baik. Namun, bagi desa wisata yang sudah terkenal, mengenai kunjungan wisatawan tidak menjadi masalah," katanya.
Ia mengatakan desa wisata di Kabupaten Sleman sampai saat ini masih layak jual, karena tidak hanya memiliki potensi dari pemandangan alam desa yang masih asli dan menawan, tetapi juga kehidupan keseharian masyarakat setempat yang spesifik. "Selain itu, desa wisata tersebut juga memiliki kekayaan berupa aneka seni budaya dan atraksi kesenian yang layak untuk dinikmati wisatawan yang datang ke desa tersebut," katanya.
Sementara itu, Ketua Forum Silaturahmi Insan Pariwisata (Fosipa) Indonesia Sarbini menilai jika keberadaan desa wisata di wilayah DIY agak sulit dikembangkan, karena desa wisata dibentuk hanya untuk kepentingan sesaat ketika ada kunjungan wisatawan. "Desa wisata baru dibentuk dan dipromosikan jika akan menerima kedatangan tamu wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus)," katanya.
Menurut dia, desa wisata adalah desa yang umumnya dikelola warga setempat, dan suasananya masih alami serta memiliki potensi khas desa itu yang layak ditawarkan kepada wisman maupun wisnus. "Sejumlah atraksi kesenian setempat maupun fasilitas penginapan ala desa serta potensi yang dimiliki desa tersebut disiapkan guna menyambut dan memberikan layanan rombongan wisatawan yang akan menginap di desa setempat," katanya.
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading Promosi Kurang, Tingkat Hunian Belum Maksimal

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar