Home » » Industri Makanan Terus Bertumbuh

Industri Makanan Terus Bertumbuh

Sektor industri makanan dan minuman serta tembakau dinilai sangat prospektif untuk berkembang di Indonesia. Karena sekitar 60 persen pengeluaran nasional dalam bentuk konsumsi rumah tangga dan hampir semua daerah di Indonesia pengeluaran konsumsi lebih dari 50 persen, kata Prof. Dr Bernadette Robiani, pada pidato pengukuhan sebagai guru besar tetap dalam bidang ilmu ekonomi pada Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, di Palembang.
Menurut Bernadette Robiani, prospek industri makanan dan minuman sangat bangus. Tetapi masih banyak yang harus diperhatikan pemerintah, seperti ketergantungan terhadap bahan baku impor masih tinggi.
Ia mengatakan, akibat masih tingginya ketergantungan terhadap bahan baku impor fluktuasi nilai rupiah dan kesulitan terhadap akses bahan baku mempengaruhi kesinambungan produksi dan mendistorsi harga produk. Sehingga harga produk olahan pabrik tersebut masih tergantung dengan bahan baku jika bahan baku naik maka komoditi itu juga menjadi mahal, kata dia.
Bernadette Robiani menjelaskan, hal lain yang menjadikan produk makanan pabrikan mahal karena konsumen tidak banyak memiliki pilihan produk. Sebab perusahaan yang memproduksi makanan olahan pun terbatas karena adanya pembatasan jumlah perusahaan oleh pemerintah, ujarnya.
Prospektif industri pengolahan makana dan minuman tersebut tidak hanya menguntungkan dari segi konsumsi karena juga akan menyediakan tenaga kerja yang cukup besar bagi penduduk Indonesia. Terbukti pada periode 1971 - 2007 persentase penduduk yang bekerja di sektor tersebut meningkat 5,4 persen sedangkan pertanian menurun 17, 8 persen, tambah dia.
Bernadette menambahkan, konsentrasi empat perusahaan terbesar produk industri makanan dan minuman dalam periode lima tahun adalah minyak goreng, susu, es krim, tepung terigu, gula, mie dan minuman ringan.
Sektor industri tersebut mampu merekrut ratusan ribu tenaga kerja dan berhasil mendapatkan keuntungan sangat besar dan sampai kini prospektif berkembangnya masih sangat besar, kata dia pula.
KORAN PAK OLES/EDISI 172/1-15 APRIL 2009
Thanks for reading Industri Makanan Terus Bertumbuh

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar