Home » » Buncis, Cegah Kencing Manis

Buncis, Cegah Kencing Manis

OLEH: WURI WIGUNANINGSIH
Masyarakat tentu tidak asing lagi dengan sayuran buncis. Tanaman yang buahnya mirip kacang panjang, tapi lebih pendek dan gemuk ini ternyata mampu mengobati penyakit diabetes melitus atau kencing manis. Hasil analisa menyebutkan, buncis mengandung zat yang dinamakan B-sitosterol dan stigmasterol. Kedua zat inilah yang mampu meningkatkan produksi insulin.
Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan secara alamiah oleh pankreas. Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Seseorang mengalami diabetes melitus bila pankreas hanya sedikit menghasilkan insulin atau bahkan tidak mampu memproduksi sama sekali. Dua zat yang terkandung dalam buncis inilah ternyata mampu merangsang pankreas untuk meningkatkan produksi insulinnya.
Dibandingkan setelah dimasak, buncis lebih baik dimakan sebagai lalapan. Karena zat-zatnya belum berkurang dan tidak tercemar dengan zat-zat lainnya. Selain itu rasa buncit tidak kalah dengan makanan lainnya dan besar manfaatnya. Karena selain rasanya manis bila dibuat lalapan, juga dapat mencegak dan menghilangkan penyakit kencing manis. Tentu saja bila dikonsumsi secara teratur.
Thanks for reading Buncis, Cegah Kencing Manis

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar