Home » » Salak Organik Sleman Tembus Swalayan

Salak Organik Sleman Tembus Swalayan

OLEH: AGUS SALAM
Salak pondoh asal Sleman, sudah lama dikenal luas oleh sebagian besar warga di berbagai daerah. Salak pondoh dibudidaya para petani di sekitar Kabupaten Sleman. Selain di Sleman, salak sudah pondoh sudah dikembangkan di Desa Serumbung, Magelang Jawa Tengah. Uniknya, petani Serumbung mengembangkan tanaman buah ini secara organik dengan memakai EM4.
Suwito (45) merupakan salah satu petani yang cukup berhasil dalam usaha budidaya salak organik. Budidaya salak menjadi usaha serius yang dilakukan keluarga Suwito secara turun menurun. Sejak kecil Suwito sudah akrab dengan salak. Pada awalnya, para petani membudidayakan jenis salak lokal, atau biasa disebut salak Jawa, yang rasanya agak kecut dan tumbuh liar. Namun, sejalan dengan waktu, varietas salak pondoh, yang merupakan varietas asli asal Turi mulai dikembangkan, termasuk oleh ayahnya Suwito.
Salak pondoh asal Sleman memiliki kekhasan karena rasanya yang manis dan renyah. Kondisi inilah yang membedakan salak Pondoh Sleman dengan salak dari daerah lain. Apalagi salak pondoh organik dengan teknologi EM4, memiliki keawetan dan kesegaran yang lebih lama, dan warna buah yang lebih cerah.
Usaha Kebun Wisata Salak Pondoh Suwito yang pertama dibuka adalah kebun milik keluarga seluas 3 hektar. ‘’Sekarang saya memiliki perkebunan salak seluas 1 hektar, mulai dari tanam sampai penyuburan media tanam, saya pakai bokashi pupuk kandang tanpa campur bahan kimia. Hasilnya cukup memuaskan. Selain manis dan daya tahan buah lebih lama, juga terjadi peningkatan produksi setiap tahun. Untuk pemasaran, Suwito tidak pernah kesulitan memasarkan. Apalagi salaknya sudah terkenal sebagai salak organik. ‘’Banyak konsumen memetik sendiri salak yang ada di kebun,’’ katanya.
Bahkan beberapa swalayan di Semarang tertarik menjalin kerja sama. Selain melayani orderan salak organik, Suwito juga menerima orderan bibit salak pondoh, konsultasi dan lain-lain. ‘’Untuk penggunaan bokashi sendiri, setiap tahun semakin irit, karena kondisi tanah untuk salak semakin subur. Dengan memanfaatkan limbah-limbah yang ada yang difermentasi dengan EM4, kondisi kesuburan tanah semakin terjaga dan produksipun semakin meningkat,’’ katanya.
Thanks for reading Salak Organik Sleman Tembus Swalayan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar