Home » » Madu Plus Mengkudu Kurangi Hipertensi

Madu Plus Mengkudu Kurangi Hipertensi

Oleh: Wayan Nita
Kebiasaan makan masyarakat kini cenderung berubah seiring dengan perkembangan jaman. Kesibukan menjadi salah satu alasan seseorang untuk mengkonsumsi makanan siap saji. Padahal dalam makanan siap saji kandungan gizinya sedikit, kandungan yang paling banyak adalah lemak, protein dan garam tinggi tapi rendah serat pangan. Dan kurangnya asupan gizi dapat menimbulkan penyakit, salah satunya hipertensi.
Hipertensi dapat menyerang siapa saja, tak pandang umur, jenis kelamin dan tingkat sosial ekonomi. Gejala hipertensi seperti pusing, muka merah, sakit kepala, keluar darah dari hidung secara tiba-tiba dan tengkuk terasa pegal. Penderita kadang tidak menyadari bila terserang hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya.
Prof Dr Ir Made Astawan, MS menyatakan, timbulnya penyakit hipertensi karena perubahan pola makan. Untuk mencegah timbulnya hipertensi, harus konsumsi makanan bergizi. Dan perlu pengaturan menu untuk penderita hipertensi seperti diet rendah garam, diet kolesterol dan lemak terbatas, diet tinggi serat dan diet rendah energi (bagi yang menderita kegemukan).
Dampak yang ditimbulkan berupa kerusakan ginjal, perdarahan selaput bening (retina mata), pecahnya pembuluh darah di otak dan kelumpuhan. Konsumsi garam dapur tidak boleh lebih dari 6 gram/hari (setara satu sendok teh). Sementara sumber lain menyebut, di samping pengobatan medis, juga dikombinasi dengan obat tradisinal yang diramu sendiri. Bahan yang disediakan cukup madu mahoni atau madu pahit 1/2 gelas dan empat buah mengkudu yang sudah matang.
Buah mengkudu setelah dicuci bersih kemudian diekstrak dan sari buah diambil sampai volume 1/2 gelas. Campurkan sari mengkudu dengan madu sampai merata. Ramuan mengkudu plus madu diminum tiga kali dua sendok makan per hari sampai tekanan darah normal.
Thanks for reading Madu Plus Mengkudu Kurangi Hipertensi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar