Home » » DB Meningkat, Dua Warga NTB Meninggal

DB Meningkat, Dua Warga NTB Meninggal

OLEH: HERNAWARDI
Dibanding tahun 2007, kasus demam berdarah (DB) di NTB per Januari 2008 terus meningkat. Untuk menghindari jatuhnya lebih banyak korban jiwa, masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan dan perumahan. Kasi Kejadian Luar Biasa (KLB) Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, dr H Benny Nugroho menyatakan, selama Januari, tercatat 89 kasus, dan merenggut dua nyawa. Padahal, di bulan Januari 2007, hanya ada 57 kasus.
Menurut dr Benny, meningkatnya penderita DBD selama Januari 2008 lebih disebabkan karena terjadinya perubahan iklim yang sulit diprediksi. Masalah lain, karena lambannya masyarakat mengantisipasi, terlambat merujuk penderita dan terlambat penanganan oleh petugas kesehatan untuk secara dini mendiagnosa.
Untuk itu, pihaknya terus meningkatkan sosialisasi ke wilayah-wilayah yang terkategori rawan bersarang nyamuk Aedes Aegypty di sejumlah tempat. Selain itu, masyarakat diminta untuk secara dini melakukan tindakan pencegahan dengan menerapkan pola 3 M. ''Ada perkiraan meningkatnya kasus DBD secara umum. Masyarakat jangan remehkan gejala sakit demam tinggi. Sebaiknya segera periksa ke dokter,’’ pinta dr Benny.
Guna mencegah berkembangnya nyamuk Aedes Aegepty masyarakat bisa lebih menggalakkan kebersihan lingkungan seminggu sekali. Hal ini mengingat masa ingkubasi nyamuk DBD berlangsung seminggu. Dinkes NTB sendiri sudah mengirim obat-obatan ke Kabupaten Bima, Dompu dan Kota Bima. Pengiriman ini dilakukan atas permintaan masyarakat untuk melakukan fogging atau penyemprotan.
Thanks for reading DB Meningkat, Dua Warga NTB Meninggal

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar