Home » » Seledri Mencegah Ragam Penyakit

Seledri Mencegah Ragam Penyakit

OLEH: HERNAWARDI
Bagi masyarakat Indonesia secara umum mengenal tumbuhan bernama seledri. Batang dan daunnya selama ini dimanfaatkan masyarakat sebagai bumbu ikutan penyedap rasa. Daun seledri dipakai untuk sayur berkuah seperti sup, soto dan bakso. Ciri-ciri seledri, tinggi sekitar 40 cm dan daun bertekstur gerigi dan batang jenjang menjadikan pohon seledri terlihat cantik.
Dalam Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid II disebutkan, tanaman bernama Latin Cellery berkhasiat berbeda pada setiap bagian tanaman. Daun seledri berguna untuk menormalkan kadar asam urat dalam darah, mengurangi rasa sakit persendian akibat asam urat, melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tenakan darah, menormalkan gula darah, menjaga kesehatan jantung, tulang, persendian, mengatasi infeksi saluran kencing, menetralisir efek degeneratif dan radikal bebas.
Akar seldri untuk memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing (diuretic). Biji seledri untuk mengatasi reumatik, menurunkan kadar asam urat, peluruh kencing (diuretic), bronchitis , penyakit hati, limpa, kolik dan sakit perut pasca melahirkan. Sejak zaman Mesir Kuno, Yunani dan Romawi kuno, seledri ditanam untuk keperluan pengobatan. Jadi sudah dipakai sebagai obat sejak 850 tahun SM. Biji untuk mengobati demam, flu, penyakit pencernaan, beberapa arthritis, limpa dan hati.
Berdasarkan penelitian lain, tanaman ini mengandung natrium yang berfungsi sebagai pelarut guna melepaskan deposit kalsium yang tersangkut di ginjal dan sendi. Mengandung magnesium untuk menghilangkan stress. Daun seledri mengandung protein, belerang, kalsium, besi, fospor, vitamin A, B1 dan C. Hasil penelitian lain menyebut, seledri juga engandung psoralen, zat kimia yang menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker.
Akarnya direkomendasi untuk mengobati anascara dan perut mulas. Ia bisa membuka penyumbatan hati dan limpa. Daun yang masih segar bermanfaat bagi perut dan hati yang dingin, melancarkan air seni dan haid, memecah batu, meningkatkan mani dan bermanfaat bagi nafas yang berbau tak sedap.
Thanks for reading Seledri Mencegah Ragam Penyakit

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar