Home » » Sogo Jongkok, Wisata Belanja Di Jakarta

Sogo Jongkok, Wisata Belanja Di Jakarta

OLEH: AGUS SALAM
Suara pedagang yang membujuk calon pembeli yang ditingkahi aksi tawar para pembeli amat riuh terdengar di pagi hari atau pada hari Jumat selepas jam kerja kantor. Masyarakat Jakarta menyebutnya, ‘Pasar Kaget Sogo Jongkok’.
‘Sogo Jongkok’ sebenarnya hanya sebutan untuk pasar kaget yang berada di lingkungan perkantoran, atau pasar yang ada pada hari libur saja. Wisata ‘Sogo Jongkok’ sekarang ini, marak di Jakarta seiring banyaknya pembongkaran lapak-lapak kaki lima oleh petugas pamong praja di beberapa pasar di Jakarta.
Ketika jam makan siang di deretan tenda-tenda di belakang Gedung Departemen Pertanian, Jalan Margasatwa, begitu ramai dikunjungi pegawai kantor baik dari pegawai Departemen Pertanian sendiri juga dari pegawai perusahaan lain disekitar gedung tersebut. Selain menjual makanan keperluan makan siang dengan harga terjangkau, di tempat ini ada juga barang selain makanan yang digelar di halaman parkir. Kalau mau membelinya harus rela berjongkok ria.
Komoditas di ‘Sogo Jongkok’ ini beragam, mulai dari kaus kaki, compact disk bajakan, handuk, kosmetik, baju, peralatan rumah tangga, boneka lucu, hingga sepatu-sepatu bermerek dengan harga miring. Pokoknya, tidak kalah dengan barang yang ada di Sogo tanpa jongkok.
Warga Jakarta tentu sudah tak asing dengan nama pasar kaget ‘Sogo Jongkok’. Hampir di setiap perkantoran elite seperti jalan Tamrin dan Surdirman dan jalan-jalan lainnya di Jakarta, Pasar Sogo Jongkok menjamur. Di sini, segala macam kebutuhan tersedia. Mulai dari beraneka rupa pakaian, alat tulis, barang elektronik, perhiasan, jam tangan, kaca mata, perkakas rumah tangga, sampai makanan.
Untuk di Gedung Departemen Pertanian, mungkin sekitar 200 pedagang lebih yang mangkal di situ. Mereka ini berdatangan dari berbagai penjuru ibu kota dan sekitarnya. Ada pedagang dari Pasar Minggu, Pulogadung, Jatinegara, Tanjungpriok, Cipulir, hingga Bogor . Namun, tak sedikit pula pedagang yang asli sekitar Ragunan dan Jagakarsa yang menjual buah-buahan. Boleh dibilang, berdagang di ‘Sogo Jongkok’ adalah salah satu agenda tetap mereka. ‘’Kami memang berkeliling dari tempat keramaian seperti perkantoran dan setiap hari Jumat jatahnya di sini," ucap Zuhri pedagang kacamata asal Jatinegara.
Begitu juga dengan hari libur, keramaian pasar kaget ini sudah lama terekam. Begitu Minggu pagi menjelang, ratusan hingga ribuan pedagang menyemut di sepanjang ruas jalan yang menjadi sasaran mereka (biasanya perumahan dan tempat sarana olahraga).
Thanks for reading Sogo Jongkok, Wisata Belanja Di Jakarta

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar